Nekat Selewengkan BBM, Ya Ditangkap

  • 5 Mar 2019
  • Majene
  • R Fajar Soenoe
  • 496
Gambar Nekat Selewengkan BBM, Ya Ditangkap

Mapos, Majene – Pantasan saja stok bensin di dua SPBU di Majene kerap habis. Bahkan, sudah menjadi pemandangan umum antrean panjang kendaraan angkutan kota mengular hingga larut malam.

Menyikapi hal itu, jajaran Polsek Banggae berusaha mencari tahu sebab musababnya. Alhasil, upaya petugas tidak sia-sia.

Dalam release yang dilakukan jajaran Polsek Banggae pada Senin 5 Maret 2019 kemarin terungkap, ada saja masyarakat yang dengan sengaja merubah kendaraannya untuk dijadikan sarana menampung BBM jenis premium.

Tersebutlah R. Warga Lingkungan Talumung Kelurahan Tande Timur Kecamatan Banggae Timur ini ditangkap oleh polisi karena didapati tengah mengisi tangki bensin mobil miliknya yang sudah dimodifikasi menjadi dua tangki di salah satu SPBU.

“Kami curiga kenapa mobil pick up DC 8596 BG mengisi BBM terlalu banyak. Saat itulah kami melakukan pemeriksaan. Ternyata tangki bensinnya dimodifikasi dan diletakkan dibagian bawah belakang mobil,” terang Kapolsek Banggae, AKP Masdar.

Saat diperiksa kata Masdar, pelaku tidak bisa menunjukan dokumen tentang izin pengangkutan BBM.

“Akhirnya, pelaku kami amankan ke Mapolsek Banggae,” tutur AKP Masdar.

Guna mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku dan barang bukti kini diamankan di Mapolsek Banggae.

Atas perbuatan pelaku yang diduga menyalahgunakan pengangkutan atau niaga BBM jenis premium sebagaimana dimaksud dalam pasal 55 Sub 53 huruf “b” Jo Pasal 23 UU RI No. 22 Tahun 2001 tentang minyak dan gas bumi, dapat diancam dengan hukuman pidana paling lama 4 tahun penjara dan denda paling tinggi RP40 miliyar.

(ipunk)