Musdes Toabo “Dihujani” Usulan Atasi Pupuk Bersubsidi yang Langka

0
180

Mapos, Mamuju — Ada yang menarik dalam Musrenbang Desa Toabo, Kecamatan Papalang, karena dalam musyawarah untuk menetapkan program skala perioritas kegiatan Tahun Anggaran 2021 itu dihujani usulan cara mengatasi pupuk subsidi yang kini langka.

Musrenbang Desa yang digelar di aula kantor desa setempat, Rabu (17/02/2021) dihadiri oleh camat Papalang, Yayuddin Thigi. Spd, Kepala Desa Toabo, Bahri Tiro, dan stafnya, Babinsa Papalang, Kasi PMD, Kasi Pemerintahan Kecamatan Papalang, Ketua TP. PKK Desa Toabo, Ketua BPD beserta anggotanya, para kepala dusun, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda.

Bahri Tiro dalam sambutannya mengatakan, setiap usulan-usulan hasil Musrenbang Desa 2021 akan diusulkan untuk 2022 pada Musrenbang Kecamatan. “Serta transparan antara penggunaan dana desa kepada publik yang sesuai dengan perundang-undangan demi kemajuan desa Toabo,” kata Bahri.

https://mamujupos.com/wp-content/uploads/2021/02/IMG-20210212-WA0059.jpg

Sementara itu, peserta Musrenbang, yang hadir terutama tokoh masyarakat dan para kepala dusun menyampaikan usulan dan saran soal pupuk bersubsidi yang semakin langka dan mahal di Kecamatan Papalang dan khususnya di desa Toabo.

Sebahagian besar para petani Desa Toabo mengeluh atas langkanya dan mahalnya pupuk bersubsidi di tengah pandemi Covid 19. Dan para peserta Musrenbang desa memita saran kepada pemerintah kecamatan dan desa agar pupuk bersubsidi dapat di peroleh di setiap agen dengan harga terjangkau yang sesuai dengan harga enceran tertinggi ( HET ).

Menanggapi hal itu, pihak pemerintah kecamatan dan desa akan meneruskan ke pemerintah Kabupaten Mumuju melalui instansi yang terkait untuk ditindaklanjuti dan masyarakat tani di Papalang tidak lagi cemas akan langkanya pupuk.

Bahkan dalam Musrenbang Desa itu terkuak, bila perlu pemerintah kecamatan dan desa bersama Babinsa dan Bhabinkamtibmas akan melakukan sidak ke agen-agen nakal yang disuga sengaja menimbun pupuk bersubsidi.

“Dari hasil Musrenbang Desa ini nantinya akan diusulkan pada Musrenbang tingkat kecamatan sebagai tindak lanjut dari Musrenbang yang  dilaksanakan, dengan usulan-usulan yang telah disampaikan akan dituangkan ke dalam Berita Acara Pelaksanaan Musrenbang desa Tahun 2021 ini,” sebut Bahri.

Dikatakan, semua usulan nantinya akan dipilah sesuai skala perioritas dan dibagi menjadi tiga kelompok yaitu, kelompok Infrastruktur, Sosial Budaya dan Perekonomian.

Ia menambahkan, pentingnya koordinasi antara pihak pemerintah desa, lembaga-lembaga yang ada di desa agar terjalin kerjasama yang baik demi kemajuan pembangunan di desa Toabo yang tercinta ini.

(Texan Yosafat)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.