Menuju Media Siber Profesional, AMSI Gelar Konferensi Perdana

IMG-20171005-WA044Mapos, Mamuju – Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI), menggelar konferensi wilayah pertama di Sulawesi Barat, bertempat di Cafe NU Nine, jalan Andi Makkasau Mamuju, yang mengusung tema, “Menuju Media Siber Profesional, Kredibel dan Independen”.

Di konferensi wilayah ini, Sulbar menjadi daerah pertama di Indonesia yang menggelar konferensi Wilayah setelah kongres AMSI pada 23 Agustus 2017, lalu di Jakarta.

Pada konferensi ini diikuti sebanyak 10 media Online di Sulbar diantaranya Mandarnews.com, Katinting.com, Mamujupos.com, Malaqbi.com, Kandoranews.com, 2enam.com, Terassulbar.co, Wacana.info, Mediaekspres.com dan tidak sempat hadir Suryatopnews.com.

Pada prosesnya yang bergabung dengan AMSI dengan ketentuan media online harus berbadan hukum sebagaimana yang diamanatkan dalam UU Pers, kemudian mempunyai kantor redaksi, memiliki penanggung jawab dalam dan saat mendaftar minimal tiga bulan terakhir aktif dalam memproduksi berita.

Sekedar diketahui, Amsi adalah organisasi perusahaan media Online. Dan yang dapat menjadi pengurus Amsi pusat/wilayah,  ialah Pimpinan Redaksi (Pimpred), direktur perusahaan atau selevelnya.

Upi Asmaradhana Korwil AMSI Indonesia Timur, Sulawesi, Maluku, Papua, NTT dalam sambutannya mengatakan, ” Target kita ini terbentuk di 17 wilayah di Indonesia, dan pertama di Sulbar. Ini organisasi yang betul-betul disiapkan bagaimana melahirkan media-media yang baik. Setelah memenuhi yang diisyaratkan, AMSI nantinya mendaftarkan diri untuk menjadi konstituen dewan pers, membantu verifikasi teman-teman media Online di dewan pers,” jelasnya.

Selain itu Upi Asmaradhana yang juga menegaskan, “Kami dari pengurus pusat tidak akan segan-segan untuk menegur keras jika nantinya pengurus wilayah ada yang bermasalah”.

Pada Konferensi Wilayah I AMSI Sulawesi Barat ini, terpilih secara aklamasi sebagai ketua umum untuk periode 2017-2022 yakni Anhar (Katinting.com), kemudian sebagai dewan Etik, Rizaldi (Mandarnews.com) dan Dewan Pengawas, Herman Mochtar (Mamujupos.com).

(maman)