Mendapat Predikat B, Majene Diganjar SAKIP Award

Gambar Mendapat Predikat B, Majene Diganjar SAKIP Award

Mapos, Makassar – Mendapat predikat B dalam Laporan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LHE AKIP), Kabupaten Majene diganjar Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Award oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Menurut Kepala Badan Perencana Daerah (Bapeda) Kabupaten Majene, Andi Adlina Basharoe, Selasa (19/2/2019) SAKIP Award yang diterima oleh Pemerintah Kabupaten Majene di Four Points Hotel Makassar merupakan kado istimewa di awal tahun 2019.

Dikatakan, Pemerintah Kabupaten Majene mendapat Predikat “B” terhadap Implementasi Akuntabilitas Kinerja Tingkat Pemerintah Kabupaten/ Kota Wilayah III.

“Capaian ini diserahkan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Syafruddin Kambo kepada Bupati Majene Fahmi Massiara,” kata Andi Adlina.

SAKIP Award lanjutnya adalah Penyampaian Laporan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah tahun 2018 untuk 174 Pemda di Wilayah III di Makassar, meliputi 12 pemerintah provinsi, yaitu D.I. Yogyakarta, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat, dan 162 Pemerintah Kabupaten/Kota di wilayah ke-12 provinsi tersebut.

Penilaian akuntabilitas kinerja melalui kegiatan SAKIP Award tahun 2018 untuk mengidentifikasi kemampuan instansi pemerintah dalam merencanakan kinerja dan target kinerja, menyelaraskan apa yang dianggarkan dengan apa yang direncanakan, menyesuaikan apa yang dilaksanakan dengan yang dianggarkan, serta telah melaporkan capaian kinerja selaras dengan apa yang telah dilaksanakan dan direncanakan sebelumnya.

Berdasarkan hasil evaluasi, Pemerintah Kabupaten Majene telah mencapai poin 60,50 dengan predikat SAKIP B.

“Artinya, capaian ini naik hampir 10 poin dari hasil evaluasi akuntabilitas kinerja pada tahun sebelumnya yang berada pada angka 50,99 dengan Predikat C. Predikat B ini mencerminkan bahwa Pemerintah Kabupaten Majene dianggap telah mampu mempertanggungjawabkan hasil atau manfaat dari seluruh penggunaan anggaran daerah. Juga Pemerintah Kabupaten Majene dianggap telah melakukan upaya perencanaan lrogram dan kegiatan secara efektif, efisien, dan ekonomis,” kata Andi Adlina.

Untuk mencapai predikat B katanya, Bupati Majene Fahmi Massiara telah mencanangkan Gerakan Majene BISA yang merupakan kependekan dari Benahi, Implementasikan, Supervisi dan Aktualisasikan.

“Gerakan ini menjadi komitmen bersama seluruh stakeholder dan di bawah koordinasi Bapeda, Bagian Ortala dan Inspektorat. Kita telah melakukan berbagai upaya sejak tahun 2017 hingga Tahun 2018 dan hasilnya kita dapat rasakan saat ini,” aku Andi Adlina.

Turut mendampingi Bupati Majene dalam penerimaan SAKIP Award antara lain Sekda Majene Andi Achmad Syukri T, Kepala Bapeda Andi Adlina Basharoe, Inspektur Inspektorat, Kabag Ortala dan Kabid Perencanaan, pengendalian dan Evaluasi Makro Bapeda.

(ipunk)