Mau Tau Kado HUT TNI dari Danrem 142/Tatag untuk Prajuritnya? Baca Ini

Gambar Mau Tau Kado HUT TNI dari Danrem 142/Tatag untuk Prajuritnya? Baca Ini

Mapos, Mamuju – Dalam rangka memperingati HUT TNI jatuh pada 5 Oktober 2020, langkah yang tepat dilakukan Komandan Resort Militer 142/TATAG Brigader Jenderal TNI Firman Dahlan, S.I.P. Dengan menggandeng BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) untuk memberikan perlindungan jaminan sosial tambahan kepada 1.220 Anggota TNI dan PNS yang bertugas di wilayah operasional tersebut sebagai kado HUT TNI ke 75.

Hadiah tersebut diberikan dalam kegiatan syukuran dalam rangka HUT TNI ke 75 tahun yang diselenggarakan di Korem142/Tatag. Hadiah tersebut adalah kado istemewa dari DANREM kepada seluruh Prajurit TNI dan PNS di Wilayah Operasional Korem 142/Tatag.

“Saya berikan gratis perlindungan jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan selama enam bulan untuk seluruh anggota TNI dan PNS yang bertugas di Korem 142/Tatag,” ungkap Firman.

Perlindungan jaminan sosial tambahan ini diberikan sebagai bentuk kepedulian Komandan Resort Militer 142/Tatag untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan dalam melaksanakan tugas, seperti kecelakaan saat bekerja dan jika ada yang meninggal dunia.

Sebanyak 1.220 Anggota TNI dan PNS terlindungi dalam 2 program yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian, kepastian perlindungan ini adalah bagian dari sinergi antara BPJS Ketenagakerjaan dengan Korem 142/Tatag.

Adapun manfaat dari program JKK adalah perlindungan atas risiko kecelakaan kerja mulai dari perjalanan pergi, pulang dan di tempat kerja, perawatan dan pengobatan tanpa batasan biaya sesuai kebutuhan medis, santunan pengganti upah selama tidak bekerja, santunan kematian karena kecelakaan kerja sebesar 48 kali upah, santunan cacat total hingga maksimal sebesar 56 kali upah, dan bantuan beasiswa maksimal sebesar Rp 174 juta untuk maksimal dua orang anak sejak masuk taman kanak-kanak (TK) hingga anak pekerja lulus dari bangku kuliah.

Sedangkan program JKM memberikan manfaat berupa santunan kepada ahli waris sebesar Rp 42 juta yang terdiri dari santunan kematian yang diberikan secara sekaligus dan berkala selama 24 bulan serta bantuan biaya pemakaman.

Terkait hal tersebut, BPJS Ketenagakerjaan melalui Deputi Direktur Wilayah Sulawesi Maluku Bapak Toto Suharto memberikan penghargaan Kepada Danrem 142 / Tatag Brigjen TNI Firman Dahlan, S.I.P sebagai Inisiator Perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan bagi 1.220 Prajurit TNI AD untuk pertama kali di Indonesia.

“Anggota TNI memiliki risiko kecelakaan kerja yang sangat besar dalam melaksanakan tugas, oleh karena itu perlindungan jaminan sosial tambahan ini menjadi hal krusial yang harus dimiliki anggota TNI. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Komandan Resort Militer 142/TATAG Brigadir Jenderal TNI Firman Dahlan yang telah mempercayakan perlindungan anggotanya kepada BPJAMSOSTEK, karena program BPJS Ketenagakerjaan tidak hanya melindungi pekerja dari risiko sosial ekonomi saja melainkan juga melindungi masa depan keluarga pekerja apapun pekerjaannya,”tegas Toto.

(*)

Baca Juga