Makan Ikan Tingkatkan Imunitas

0
69

Mapos, Majene¬†— Melalui tema <span;>Makan Ikan Tingkatkan Imunitas, Lawan Covid-19, Cegah Stunting,<span;> Dinas Kelautah dan Perikanan (DKP) melakukan Sosialisasi Gerakan Memasyarakatkan makan ikan (Gemarikan) di Tambak Percontohan Pemkab Majene, di Lutang Kecamatan Banggae, Senin (30/11/2020).

Kepala DKP Kabupaten Majene, Hj Ikhwanti dalam laporannya menyebut, Sosialisasi Gemarikan yang dia laksanakan dirangkaikan dengan Maulid Nabi Besar Muhammad Sallallahu Alaihi Wasallam.

Dihadapan Pj Bupati Majene HM Natsir, para Kepala OPD se Kabupaten Majene dan undangan lainnya, Ikhwanti mengatakan, kegiatan gerakan masyarakat makan ikan adalah program nasional yang dicanangkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan sejak 2004.

https://mamujupos.com/wp-content/uploads/2021/02/IMG-20210212-WA0059.jpg

Dikatakan, banyaknya kandungan gizi yang sangat penting dalam ikan sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh terutama di masa pandemik Covid-19.

Dia berharap kepada masyarakat di Kabupaten Majene agar mengonsumsi ikan. “Ikan merupakan salah satu sumber pangan hewan yang memiliki kandungan gizi cukup tinggi, sehingga sangat tepat jika ikan dijadikan konsumsi keluarga dalam melawan Covid-19 dan sekaligus meningkatkan imunitas,” katanya.

Maksud kegiatan itu kata Ikhwanti, adalah sebagai upaya nyata untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat mengonsumsi ikan.

“Selain itu juga dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat dan dapat meningkatkan sumber penghasilan masyarakat,” katanya.

Lebih jauh kata dia, harusnya kegiatan sosialisasi Gemarikan dilaksanakan pada 21 Nopember 2020, namun karena banyak kegiatan yang lebih mendesak sehingga acara baru bisa terlaksana pada saat ini.

Sementara itu, Pjs Bupati Majene HM Natsir dalam sambutannya mengatakan, setelah melihat tambak percontohan DKP, dia minta supaya Kabupaten Majene betul-betul mencerminkan sebagai daerah penghasil ikan.

Dengan mensosialisasikan gemar makan ikan kepada masyarakat, kata dia, maka akan mejadikan kebiasaan dalam keluarga sehingga dapat meningkatkan SDM keluarga. “Karena ikan memiliki kandungan protein tinggi,” ucap Natsir.

Menurut dia, dengan dukungan pusat, maka ikan dapat dijadikan sumber peningkatan ekonomi masyarakat.

“Saya harap, DKP harus punya program yang berbasis kerakyatan dengan dilengkapi sarana dan prasarana memadai sehingga dapat meningkatkan income¬†keluarga,” kata Natsir.

Dia mengakui bahwa potensi sumber daya manusia di OPD Kabupaten Majene cukup memadai sehingga untuk membuat peluang menciptakan industri perikanan sebagai sumber pendapatan pokok di daerah dapat dengan mudah dilakukan.

“Kreatifitas dan inovasi yang harus diciptakan dengan perubahan <span;>mind set.<span;> Sesuatu pekerjaan jika dilakukan dengan kolaborasi yang kuat tidak diperlukan biaya yang banyak. Karena kita memiliki potensi daerah dan peluang yang lebih baik. Malah Gubernur Sulbar sudah mengatensikan penguatan sektor kelautan dengan digulirkannya sejumlah bantuan kepada masyarakat nelayan,” ungkap Natsir.

“Tentu untuk mencapai itu diperlukan sistem perencanaan secara matang dan terpadu,” tambahnya.

Dia yakin dengan sistem kerja yang ada di OPD saat ini, tidak akan sulit untuk mewujudkan semua itu dan pasti berhasil.

Dalam acara turut diserahkan bantuan sarana dan prasarana nelayan.

(ipunk)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.