Lomba HKG PKK ke 47, TP PKK Majene Nilai 82 Desa dan Kelurahan

  • 9 Okt 2019
  • Majene
  • R Fajar Soenoe
  • 607
Gambar Lomba HKG PKK ke 47, TP PKK Majene Nilai 82 Desa dan Kelurahan

Mapos, Majene — Selama dua bulan terakhir semua Tim Penggerak PKK di kecamatan, kelurahan dan desa aktif berbenah. Alasannya, mereka ingin meraih predikat juara dalam menata lingkungan melalui peran serta masyarakat setempat.

“Saya sangat mengapresiasi seluruh tim penggerak PKK yang ada karena dari tahun ke tahun ada peningkatan di masyarakat,” sebut Ketua TP PKK Kabupaten Majene, Ny Fatmawati Fahmi saat menilai lomba dusun/lingkungan bersih dan sehat, Selasa (9/10/2019).

Dikatakan, lomba bersih dan sehat di 82 desa/kelurahan di Majene merupakan program tahunan dalam menyambut Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK.

Ada sejumlah kegiatan yang dilombakan antara lain, lomba tertib administrasi PKK bagi TP Pkk kecamatan, desa dan kelurahan se Kabupaten Majene, lomba tertib administrasi dasawisma bagi TP PKK desa dan kelurahan se Kabupaten Majene, lomba lingkungan/dusun bersih dan sehat se Kabupaten Majene, lomba pemanfaatan pekarangan melalui HATI nya PKK, lomba kebersihan dan pemanfaatan pekarangan PAUD HI dan Lomba tertib administrasi PAUD HI se Kabupaten Majene.

“Untuk PAUD HI adalah program tambahan yang pertama kali dilaksanakan pada 2019. Sekitar 35 PAUD HI yang turut ikut lomba tertib administrasi dan lomba pemanfaatan halaman sekolah,” tutur Ny Fatmawati Fahmi.

Kegiatan ini dimaksudkan supaya tim PKK dapat memacu keluarga untuk menanam tanaman bermanfaat di halaman rumah dengan 50 persen tanaman berupa sayuran, 25 persen tanaman Toga dan 25 persen tanaman hias.

“Kita berharap agar tanaman yang ditanam oleh masyarakat dapat dikonsumsi oleh seluruh keluarga terutama anak-anak,” sebut Fatmawati.

Lebih jauh dikatakan, kegiatan penilaian untuk lomba desa/kelurahan akan berakhir pada tanggal 15 Oktober 2019 dan akan dilanjutkan penilaian ke OPD pada tanggal 16 Oktober 2019.

“Setelah OPD, selanjutnya kita akan adakan Porseni seperti pada tahun sebelumnya. Semua mengacu pada hasil Rakernas PKK Tingkat pusat maupun provinsi,” ucap Fatmawati.

Kendati banyak rintangan dan tantangan yang dihadapi, dia berharap agar semua tim penilai diberi kesehatan dalam menjalankan tugas.

“Kita menilai hingga ke pelosok termasuk ke Kecamatan Ulumanda. Medannya cukup berat, tapi semua harus dilakukan demi menyukseskan program PKK dan sekaligus menyukseskan program pemerintah kabupaten melalui visi misi Kabupaten Majene yaitu MP3,” tandasnya.

(ipunk)