Lagi… Blangko E-KTP Habis

IMG_20170908_132259Mapos. Mamuju – Blangko e-KTP di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat kembali habis.

Ratusan masyarakat yang akan mengurus e-KTP harus menelan kekecewaan lantaran niatnya untuk mengurus e-KTP guna keperluan yang amat penting harus tertunda.

Arman, salah satu warga Mamuju yang hendak mengurus e-KTP harus menelan kekecewaan, tujuannya untuk membuat e-KTP harus tertunda lantaran blangko di disdukcapil habis.

Sementara itu, Kadis Disdukcapil yang hendak ditemui tidak berada ditempat, namun kami sempat mendapatkan informasi dari salah satu staf Disdukcapil yang enggan disebutkan namanya. Staf itu membenarkan bahwa blangko e-KTP telah habis mulai bulan Juli kemarin, ujarnya. Jumat, (08/09/2017).

Dengan tak adanya lagi ketersedian blangko, maka otomatis pencetakan e-KTP bagi masyarakat tak bisa dilakukan. Kini Disdukcapil hanya bisa menunggu pendistribusian lagi dari pemerintah pusat, ujarnya.

Meski blangko habis, namun Disdukcapil masih membuka kesempatan masyarakat melakukan perekaman dan sebagai ganti sementara e-KTP,  pihaknya telah mengeluarkan surat keterangan (suket) yang fungsinya sama dengan e-KTP.  Namun hanya berlaku enam bulan dan bisa diperpanjang,” tuturnya.

“Sepanjang belum bisa dikeluarkan e-KTP, kami bisa keluarkan suket. Yang penting sudah merekam”, tuturnya.

Disinggung soal berapa jumlah blangko yang di kirim pusat bulan kemarin, Ia enggan membeberkan.

“Kami kurang tau pak,  silahkan saja nanti temui kepala dinas, beliau yang tahu semua pak, kami disini cuma staf biasa saja, ucapnya.

(Fitria)