Konsolidasi Nasional Penanggulangan Bencana, Anis Matta: Pelayanan Jadi Agenda Strategis Partai Gelora

0
262

Mapos, Jakarta – Melalui Media Virtual (zoom), Partai Gelora menyelenggarakan Kegiatan Live Report dan Konsolidasi Nasional dalam rangka penanggulangan bencana.

Seperti diketahui beberapa waktu terakhir terjadi berbagai bencana melanda berbagai wilayah Indonesia dan Partai Gelora sendiri terlibat aktif dalam berbagai upaya penanggulangan dampak bencana, terutama Gempa Bumi Majene dan Mamuju Sulbar, Banjir di Manado Sulawesi Utara, Banjir dan Longsor di Jawa Barat serta Banjir di Kalimantan Selatan.

Acara konsolidasi tersebut dihadiri langsung oleh Ketum DPN Partai Gelora Anis Matta, Waketum Fahri Hamzah, Sekjen Mahfud Siddiq, Ketua Bidang Pelayanan Masyarakat Styandari serta Pimpinan DPN lain dan Ketua-Ketua DPW Partai Gelora seluruh Indonesia. Dalam acara tersebut, Pimpinan DPN juga mendapatkan update langsung berupa live report dari lokasi bencana.

https://mamujupos.com/wp-content/uploads/2021/02/IMG-20210212-WA0059.jpg

Dr. Atlin Massinasi, M.Surv, Pakar Geodinamika Universitas Hasanuddin, yang didaulat untuk menjeleskan perpektif kebencanaan di Indonesia menyatakan bahwa Pemerintah wajib (Fardu ain), termasuk Partai Politk membuat peraturan berkaitan penataan ruang pada jalur dan zona sesar aktif.

“Pada jalur sesar aktif dilarang mendirikan bangunan. Peruntukan ruang untuk : ruang, terbuka hijau, taman, tempat parkir, jalan dan peruntukan lainnya selain untuk bangunan” Tambah Ketua Himpunan Ahli Geologi Indonesia dua periode ini.

Dalam arahannya kepada seluruh fungsionaris Partai, Anis Matta menyatakan bahwa lini pelayanan akan menjadi agenda strategis Partai Gelora baik yang sifatnya tanggap darurat maupun jenis pelayanan yang lainnya.

“Akan ada 4 agenda besar Partai Gelora yang akan menjadi konsen kita dalam waktu dekat yaitu agenda pelayanan, pembinaan, pemberdayaan (UMKM dan Perempuan dan pembelaan” Jelas Anis Matta

“Indonesia akan menjadi salah satu negara yang mengalami bencana paling banyak dibandingkan dengan negara-negara lain. Ini akan menjadi kombinasi yang buruk: Bencana Alam, Pandemi Covid dan Krisis Ekonomi. Mudah-mudah dengan melembagakan 4 agenda strategis tadi, kita tidak hanya membantu masyarakat tapi juga melibatkan semua pihak untuk berkolaborasi ” Tambah Anis Matta

Prinsip Kolaborasi akan menjadi prinsip utama dalam kerja penanggulangan bencana ini seperti yang sudah dilakukan oleh Blue Helmet dan I-Care di berbagai daerah bencana.

(*)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.