Ketua PMI Majene Apresiasi PKM Banggae 1 PENGEN KEDUBAI

  • 4 Apr 2020
  • Majene
  • R Fajar Soenoe
  • 256
Gambar Ketua PMI Majene Apresiasi PKM Banggae 1 PENGEN KEDUBAI

Mapos, Majene — Inovasi yang dilakukan oleh Puskesmas (PKM) Banggae 1 terkait PENGEN KEDUBAI mendapat apresiasi dari Ketua PMI Kabupaten Majene, Ny Fatmawati Fahmi.

“Tadinya saya berpikir, para tenaga medis di Puskesmas Banggae 1 mau ke Dubai. Padahal, PENGEN KEDUBAI adalah kependekan dari Pengembangan Kelompok Peduli Ibu Hamil,” sebut Fatmawati Fahmi dengan nada kelakar saat melouncing inovasi Puskesmas Banggae 1 melalui Bidan Desanya, Sabtu (04/04/2020).

Dikatakan, inovasi yang dilakukan Bidan Daya pada kelompok peduli ibu hamil ini melibatkan komunitas becak dan komunitas motor.

“Intinya adalah, motor siaga dan becak siaga yang sewaktu-waktu siap mengantar jika ada ibu hamil yang butuh pertolongan untuk segera diantar dalam proses persalinan dalam wilayah PKM Banggae 1. Ada dari wilayah Kelurahan Banggae, Kelurahan Galung dan Kelurahan Pangan-ali,” kata Fatmawati.

Menurut dia, selaku Ketua PMI dan Ketua TP PKK Kabupaten Majene pihaknya mengapresiasi setinggi-tingginya atas inovasi yang telah dilakukan oleh Bidan Daya dan kepada Kepala Puskesmas Banggae 1, dr Hj Sutyanti Jaddu.

“Harapan dari inovasi ini, diharap bagi ibu-ibu yang akan melahirkan tidak lagi terkendala dalam hal transportasi, terutama jika sudah larut seperti di atas jam 10 malam. Tentu, para komunitas PENGEN KEDUBAI akan tetap siaga membantu dengan menghubungi call centre yang telah disediakan,” kata Fatmawati.

Tujuan lain dari program PENGEN KEDUBAI, tidak ada lagi ibu-ibu yang melahirkan di rumah.

“Karena kita tahu bahwa melahirkan di rumah cukup beresiko,” ungkapnya.

Dia berharap dengan inovasi yang dibuat oleh PKM Banggae 1 akan menjadi contoh bagi Puskesmas lain dan bidan desa yang tergabung dalam IBI di Kabupaten Majene.

Tak lupa dia berharap agar, wabah virus corona cepat berlalu, sehingga semua program dapat berjalan sesuai harapan.

(ipunk)