Kepala BKAD Majene Harap LKPD SKPD Rampung di Awal Februari 2020

  • 29 Jan 2020
  • Majene
  • R Fajar Soenoe
  • 485
Gambar Kepala BKAD Majene Harap LKPD SKPD Rampung di Awal Februari 2020

Mapos, Majene — Kepala Badan Keuangan dan Asset Daerah (BKAD) Kabupaten Majene, H Kasman menegaskan, Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) di setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) selesai pada awal Februari 2020.

Kasman menegaskan hal itu saat menerima dan menyambut Tim Auditor BPK – RI Perwakilan Sulawesi Barat di Ruang Pola Kantor Bupati Majene, Rabu (29/01/2020).

Kedatangan Tim Auditor BPK RI Perwakilan Sulawesi Barat ini dimaksudkan untuk melakukan pemeriksaan pendahuluan LKPD Tahun Anggaran 2019.

Dihadapan Bupati Majene, Fahmi Massiara, Kepala BPK RI Perwakilan Sulbar yang diwakili oleh Pengendali Teknis, Nuriska Ria, SE, MAA, Ak, CFE, CA beserta rombongan, Ketua DPRD Majene Salmawati beserta Anggota DPRD Majene lainnya,
Sekda Majene A Achmad Syukri T, para Staf Ahli dan Asisten Setkab Majene, para Pimpinan OPD, para camat, para Kabag Setda serta para Kabag DPRD Majene dan undangan lainnya, Kasman menyebut, kegiatan itu bertujuan membangun komitmen dan kesadaran pejabat pengelola keuangan dalam menyusun pertanggungjawaban keuangan yang andal dan sesuai ketentuan.

“Juga sebagai wadah konsultasi serta transfer ilmu pengetahuan antara Pemerintah Daerah selaku entitas pelaporan dan BPK RI perwakilan Sulbar sebagai institusi pemeriksa,” ucap Kasman.

Lebih jauh katanya, kegiatan yang tengah berlangsung adalah sebagai sarana peningkatan sinergitas intern entitas Pemkab Majene dalam mendorong tata kelola keuangan yang profesional demi terwujudnya transparansi dan akuntabilitas publik Pemkab Majene.

“Pada proses penyusunan LKPD Tahun Anggaran 2019 ini, kami mencoba meningkatkan partisipasi SKPD dalam proses penginputan secara mandiri namun tetap melalui supervisi dari BKAD. Dimulai dengan penempatan saldo awal, rekonsiliasi, penyusunan kertas kerja sehingga proses penginputan jurnal akan diberikan otoritas kepada SKPD,” bebernya.

“Kemudian terhadap beberapa sektor yang menjadi evaluasi pada pemeriksaan tahun sebelumnya, kami berikan supervisi yang lebih intens seperti dana BOS dan JKN pada Puskesmas,” tambahnya.

Untuk itu lanjut Kasman, pihaknya mohon agar SKPD terkait supaya lebih mendorong lagi penyelesaian laporan keuangan agar LKPD Kabupaten Majene dapat selesai pada waktu yang telah diargetkan yakni pada awal bulan Februari 2020.

“Maksudnya supaya dapat segera direview inspektorat, hingga diserahkan kepada BPK pada akhir Februari nanti,” tegasnya.

Dikatehui, BPK Perwakilan Sulbar menugaskan aparaturnya untuk melaksanakan pemeriksaan interim terhadap LKPD Kabupaten Majene TA 2019 selama 28 hari, dengan pelaksana sebagai berikut :
• Eydu Oktain Pandjaitan (Penanggung Jawab)
• Nuriska Ria (Pengendali Teknis)
• La Ode Muhammad Falihin (Ketua Tim)
• Nurhendrastomo (Angg. Tim)
• Visi Denok Mustikasari (Angg. Tim)
• Anisa Chumaarisaturrifah (Angg. Tim)
• Selli Cahyani Tampubolon (Angg. Tim)

(***)