Kepala Bapperida Tekankan Chek, Richek dan Croschek

Mapos, Mamuju — Bapperida Sulbar gelar rapat staf pukul 8.00 WITA di ruang rapat RPJMD yang di hadiri seluruh Staf Bapperida. Rapat dibuka dan di pimpin langsung oleh kepala Bapperida, Junda Maulana.

Salah satu tema pembahasan rapat adalah lebih menekankan arahan Gubernur Provinsi Sulawesi Barat terkait kinerja ASN dalam menjalankan peran dan fungsi masing-masing.

Dalam penjelasannya, Junda Maulana menerangkan plan, do, check.

“Plan diartikan bagaimana kita merencanakan sebaik mungkin usulan atau program yang akan dilaksanakan. Usulan program yang direncanakan selain berbasis data juga harus memiliki manfaat yang besar kedepannya,” jelas Junda.

“Semua program yang diusulkan harus by Evidance, by data. Misal, merencanakan pembangunan gedung sekolah. Kita harus tahu data kapasitas kelas, Apakah ratio jumlah murid dan jumlah kelas sudah memadai di dalam 1 kelas? Dan tentunya pembangunan sekolah itu harus bermanfaat bagi masyarakat luas,” imbuhnya menerangkan.

Dalam menyusun perencanaan Junda menekankan, sebagai seorang ASN yang bertugas pada Badan Perencanaan Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah sebaiknya paham dan tahu konsep dasar perencanaan.

“Do artinya dilaksanakan dan chek adalah evaluasi. Periksa, croscek apakah yang direncanakan sudah sesuai dengan yang di laksanakan, apakah semua poin penting arahan Gubernur Sulawesi Barat sudah ada dalam Badan Perencanaan Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah yang harapkan menjadi salah satu Contoh terdepan dalam Organisasi Pemerintahan Daerah Sulawesi Barat,” katanya.

Untuk itu, Junda menegaskan untuk melakukan check, richek dan croschek.

“Jadi program yang sudah terencana dievaluasi, check datanya  jika kurang yakin atau butuh info tambahan lakukan richeck dengan OPD. Lalu jika diperlukan, lakukan pendalaman croscheck lakukan monev lapangan,” tegas Junda.

(*/adv)

error: Maaf... ! Web ini di Protek yaaa...