Kelas PAUD TK Pembina Melaksanakan Outbound di Barane

  • 21 Des 2019
  • Majene
  • R Fajar Soenoe
  • 493
Gambar Kelas PAUD TK Pembina Melaksanakan Outbound di Barane

Mapos, Majene — Untuk meningkatkan rasa percaya diri dalam diri anak usia dini, Taman Kanak-kanak (TK) Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Pembina Kabupaten Majene melaksanakan Outbound dan Gebyar Anak di obyek wisata Barane Kelurahan Baurung Kecamatan Banggae, Sabtu (21/12/2019) pagi.

Menurut Kepala TK Pembina, Hj Ilwani melalui salah seorang guru TK Pembina, Santi Maladewi kegiatan outbound bagi anak-anak didiknya di Barane dilakukan secara indoor maupun outdoor, dibarengi dengan beberapa simulasi permainan.

“Kegiatan di Barane sudah berlangsung dua kali yaitu untuk kelas A sudah dilaksanakan pada Kamis kemarin dan sekarang kelas B. Kita juga sekaligus bersilaturrahmi dengan para orang tua murid. Di sini (Barane) kita mengarahkan anak-anak untuk bermain secara berkelompok maupun secara individu. Tujuannya untuk mengisi waktu liburan dan sekaligus meningkatkan rasa percaya diri pada anak-anak dan untuk meningkatkan kekompakan dalam team (team building) serta kebersamaan,” kata Santi.

Ia menambahkan, banyak manfaat yang didapat dalam kegiatan itu diantaranya juga dapat menumbuhkan jiwa kepemimpinan atau leadership maupun kemandirian anak saat menginjak usia remaja nanti.

Lebih jauh kata dia, anak-anak mempunyai sifat ingin tahu yang tinggi, sehingga hal yang baru seperti outbound mereka sangat menyukainya.

“Mereka dapat bermain sesuka hati, karena di outbound anak dini banyak sekali game-game outbound yang menyenangkan tetapi mereka bermain game outbound yang mempunyai tujuan yang mendidik,” imbuhnya.

Pada kesempatan sama, salah seorang orang tua murid Darsawati Bohari mengatakan, dalam pengamatannya selama kegiatan berlangsung ada kemajuan yang sangat signifikan dalam perilaku anaknya usai melaksanakan outbound.

“Kepercayaan dirinya semakin bertambah. Saya yakin metode belajar seperti ini akan meningkatkan rasa percaya diri pada anak-anak dan selalu kompak dalam berteman. Kegiatan ini perlu kita dukung bersama,” katanya.

Dikutip dari berbagai sumber, manfaat outbound sendiri untuk anak antara lain :

Untuk mengetahui seberapa kuat kemampuan anak

Dengan outbound mengajarkan anak bagaimana melatih sosialisasi sehingga akan menumbuhkan semangat dan mendorong si anak aktif dalam kegiatan bermasyarakat

Memberikan pelajaran bagaimana memahami pendapat dan perbedaan dari orang lain dan dalam memecahkan masalah secara kelompok

Menumbuhkan kemampuan komunikasi yang baik dengan oranglain

Melatih kemandirian dan kepemimpinan atau leadership dalam suatu kelompok

Melatih kreativitas anak melalui permainan permainan yang ada dalam outbound training tersebut

Mengembangkan karakter anak sejak usia dini dan membangun kualitas kemampuan anak untuk menjadi lebih baik lagi.

(***)