Kejati Sulbar Berhasil Amankan Uang Negara dari Kasus Korupsi DAK Fisik PSMA 2020

0
150

Mapos, Mamuju – Kejati Sulbar kembali mengekspose penanganan kasus korupsi Dana Lokasi Pendidikan (DAK) Fisik Pendidikan Sekolah Menangah Atas (PSMA) 2020 pada Disdikbud Sulbar.

Di Tenda Darurat Kejati Sulbar, Rabu 31 Maret 2021, pukul 10.00 Wita, Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sulbar Johny Manurung, Asintel Kejati Sulbar Irvan Paham PD Samosir, Aspidsus Kejati Sulbar Feri Mupahir, Kasi Penkum Kejati Sulbar Amiruddin, dan Kasi Penyidikan Kejati Sulbar Rizal F, memperlihatkan barang bukti dalam perkara tindak pidana korupsi pemotongan 3 persen DAK Fisik PSMA, berupa uang senilai Rp. 1.425.330.050.

Uang tersebut didapatkan penyidik setelah berhasil meminta tiga tersangka dalam kasus ini untuk melakukan pengembalian hasil pemotongan 3 persen terhadap DAK fisik. Tiga tersangka itu masing-masing; Burhanuddin Bohari (mantan Kabid PSMA Disdikbud Sulbar/Ketua Penanggungjawab Pengelolaan DAK Fisik Pendidikan SMA se-Sulbar 2020), Busra Edi (Wakil Ketua Penanggungjawab Pengelolaan DAK Fisik Pendidikan SMA se-Sulbar 2020), dan Aking Djide (Koordinator Fasilitator Pengelolaan DAK Fisik Pendidikan SMA se-Sulbar 2020).

https://mamujupos.com/wp-content/uploads/2021/02/IMG-20210212-WA0059.jpg

Kasi Penkum Kejati Sulbar Amiruddin menyampaikan bahwa saat ini telah dilakukan penyerahan proses tahap dua untuk masing-masing tersangka dari penyidik ke penuntut umum pada Kejari Mamuju.

Selanjutnya uang penitipan sejumlah Rp 1,42 miliar itu akan diserahkan kepada penuntut umum untuk dijadikan barang bukti pada persidangan perkara dimaksud.

Saat ini, para tersangka saat ini dititipkan penahanannya pada Rutan Polres Polman dan Lapas Klas IIB Polman. Bahwa nilai dana 3 persen yang telah diserahkan tersebut merupakan kerugian negara/daerah.

Dijelaskan lagi, permintaan dana oleh para tersangka sebsar 3 persen dari DAK fisik sekolah dilakukan dengan alasan sebagai biaya pembuatan dokumen perencanaan berupa Gambar Kerja dan RAB dari 82 dekolah.

(*)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.