Karya Seni Perdana Makarama’ Meriahkan Pentas Tinda’ Sarira

Gambar Karya Seni Perdana Makarama’ Meriahkan Pentas Tinda’ Sarira

Mapos, Mamasa — Sanggar Seni Makarama terus mengembangkan karya mereka dmelalui kolaborasi musik dan tarian tradisional Mamasa, sebagai upaya mendorong putera putri Kondosapata dalam mempertahankan budaya warisan leluhur.

Kali ini, Sanggar seni Makarama yang dihuni oleh personil generasi muda Mamasa kembali mempertunjukkan karya perdana mereka dalam pentas Tinda’ Sarira, yang dipusatkan di Lokasi wisata Sherasi Orchid Tondok Bakaru, Sabtu (29/02/2019).

Sebanyak tiga pertunjukan karya seni, yang merupakan penampilan perdana anggota sanggar seni yang baru bergabung dalam Sanggar Seni ini, melalui musik dan tari kreasi, dengan mengolaborasi alat musik tradisional dan moderen mengiringi penampilan tari kreasi tradisional Mamasi, juga pertunjukan musik.

Pentas ini, disaksikam oleh puluhan masyarakat yang diundang termasuk para orang tua peserta yang telah bergabung dalam Sanggar Seni Makarama.

Disayangkan, undangan mereka untuk pemerintah baik Pemerintah Desa maupun Dinas Pariwisata, tidak dihadiri.

Hartono Sambokarua selaku Ketua Sanggar Seni Makarama menyatakan, Pentas Tinda’ Sarira sengaja dibuat, dalam rangka ajang uji coba bagi anggota baru, setelah menjalani latihan selama dua minggu, sekaligus menunjukkan kemampuan anak-anak binaannya kepada orang tua mereka yang hadir.
“pentas ini merupakan ajang bagi anggota baru kami, untuk menunjukkan kepada orang tua mereka bahwa mereka bisa mengembangkan bakat yang dimiliki dalam binaan Sanggar Seni Makarama. Ungkap Tono

Selain itu, karya-karya mereka juga rencananya akan dipertunjukkan dihadapan pihak pemerintah yang diundang, namun tak satupun yang menghadiri undangan.

Walaupun demikian, mereka tetap bersemangat menampilakan bakat mereka diatas panggung pentas.

secara berturut-turut, tiga karya perdana yang ditampilakan yakni sikamase pentas seni tari kreasi Sikamase, Musik Kreasi Situndan dan Tarian Ma’mesa. Kemudian ditutup dengan penampilan senior dengan musik gendang “Pandalu”

Tono menyebut, bahwa pihaknya akan terus melakukan upaya pengembangan bakat anak-anak binaan mereka dengan mengefektifkan latihan, khususnya bagi anggota baru.

walaupun kali ini masih penampilan perdana namun sajian musik dan tari yang ditampilkan mampu menghibur puluhan penonton yang hadir. Hal tersebut dibuktikan dengan semarak teriakan dari penonton saat pentas berlangsung.

Selain musik dan tari, pentas ini juga menampilakan beberapa pusi, dan kesenian kalinda’da’ hasil karya anggota sanggar.

Sanggar Seni Makarama’ sendiri, kini termasuk salah satu sanggar Seni yang sudah populer di Kabupaten Mamasa dan Sulawesi Barat. Bahkan sudah beberapa kali mengharumkan nama Kabupaten Mamasa di kanca Nasional.

(anis)