Karnaval Budaya Dimeriahkan Ribuan Peserta, Sambut HUT ke-18 Kabupaten Mamasa,

Gambar Karnaval Budaya Dimeriahkan Ribuan Peserta, Sambut HUT ke-18 Kabupaten Mamasa,

Mapos, Mamasa — Pemerintah Kabupaten Mamasa melalui Panitian penyelenggara Hari Ulang Tahun Kabupaten Mamasa yang ke-18, menggelar lomba karnaval Budaya, dengan melibatkan semua Kecamatan yang ada di Kabupaten Mamasa.

Karnaval Budaya diikuti ribuan peserta dari 17 Kecamatan di Kabupaten Mamasa mengenakan pakaian Daerah Mamasa menampilkan sejumlah potensi budaya yang dimiliki.

Lomba Karnaval digelar pada Rabu (11/03/2020) tepat tanggal terbentukanya Kabupaten Mamasa, dengan berjalan kaki dari simpang lima Mamasa, sampai ke tribun lapangan yang mejadi pusat kegiatan.

Sambil berjalan kaki, perserta karnaval melakukan atraksi, dengan membunyikan aneka ragam musik tradisional seperti musik bambu (pompang), gendang, Gong (padaling), kecapi dan beragam alat musik lainnya. Juga musik bermacam-macam tradisional dan atraksi budaya masing-masing wikayah.

Bupati Mamasa H. Ramlan Badawi menjelaskan, Karnaval budaya digelar dalam pwringatan HUT ke-18 Kabupaten Mamasa saat ini, sebagai upaya pemerintah Daerah untuk terus menerus mengangkat segala potensi budaya Kabupaten Mamasa dari setiap wilayah Kecamatan dalam rangka mewujudkan Mamasa sebagai destinasi unggulan di Sulawesi Barat.

H. Ramlan Badawi mengakui, bahwa peningkatan promosi budaya khususnya seni budaya Mamasa hingga tahun 2020 ini sudah cukup meningkat. Hal tersebut dibuktikan melalui prestasi beberapa kelompok seni daerah yang sudah berhasil menjuarai beberapa even, baik tingkat Nasional dan internasional.

“Kita sudah juara tingkat Dunia untuk musik pompang dan seruling bambu, juga juara lomba nyanyi lagu daerah kategori anak remaja yang bearu-baru ini digelar di Toraja di even Internasional. ungkap Ramlan

Hal tersebut menurut Ramlan membuktikan bahwa seni budaya sudah terus mengalami peningkatan. oleh sebab itu pihaknya mengaku akan terus berbenah diri dan terus memberi dorongan kepada masyarakat untuk mengangkat dan melestarikan segala potensi budaya yang ada di setiap wilayah di Kabupaten Mamasa.

Demikian juga disampaikan Yafet Sambokaraeng selaku panitia penyelenggara, bahwa karnaval budaya tahun ini dilaksanakan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Dimana untuk tahun ini, semua potensi seni dan budaya di setiap Kecamatan bisa ditampilakan.

Hal ini menurut Yafet membuktikan bahwa Kabupaten Mamasa benar-benar kaya akan seni dan budaya dan sangat layak diseut sebagai Destinasi wisata unggulan di sulawesi Barat.

“Walaupun dari atraksi budaya yang tampil terlihat mirip, namun sesungguhnya masing-masing ada perbedaan. Baik pelaksanaannya terlebih makna dari setiap atraksi budaya yang dilakukan. Sehingga membuktikan bahwa setiap wilayah di Kabupaten Mamasa ini punya keunikan budaya masing-masing yang berbeda dengan wilayah lainnya. Ungkap Yafet

Yafet berharap kegiatan ini, bisa dijadikan even tahunan oleh Pemerintah Daerah, dalam setiap momen Hari Ukang Tahun Kabupaten Mamasa.

(anis)