Kajati: Pungli, Penyakit yang Perlu Diberantas

Gambar Kajati: Pungli, Penyakit yang Perlu Diberantas

Mapos, Mamuju – Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sulbar Darmawel Aswar, menegaskan, pungutan liar atau pungli merupakan penyakit bahkan kebiasaan yang perlu diberantas.

“Penanganannya melalui pencegahan dengan sosialisasi maupun dengan penindakan,” katanya saat menerima kunjungan Inspektur Sulbar dan jajarannya, Selasa (28/01/2020).

Kedatangan lembaga Pemprov Sulbar itu untuk membicarakan masalah pentingnya pembentukan Tim Unit Pemberantasan Pungutan Liar yang biasa disebut Tim Saber Pungli. Ini sesuai amanat Perpres Nomor 87 Tahun 2016 tentang Pembentukan Satgas Saber Pungli. Sebagai tindak lanjutnya, dibahas draft Surat Keputusannya.

“Sangat mendukung pembentukan Satgas Saber Pungli tingkat Provinsi Sulawesi Barat,” kata Darmawel.

Dia menambahkan, dalam Surat Keputusan pembentukan Tim Satgas Saber Pungli perlu ada perbaikan, khususnya konsiderans ‘mengingat’. Yakni dengan menambahkan regulasi atau aturan yang mengatur kelembagaan.

“Misalnya Undang-undang Kejaksaan, Kepolisian dan Intelijen negara,” sebutnya.

Karena secara keanggotan Tim Saber Pungli yang akan dibentuk, dengan Ketua Irwasda Polda Sulbar, Ketua I Inspektur Provinsi Sulbar dan Ketua II Aswas Kejati Sulbar.

(*)

Baca Juga