Jatanras Polda Sulbar ungkap Pencurian Modus Baru di Mesin ATM

0
200

Mapos, Mamuju – Kepolisian Daerah Sulawesi Barat (Polda Sulbar) melalui team jantanras kembali mengungkap aksi kejahatan dengan modus baru yaitu pencurian uang di mesin ATM, Kamis (15/04/2021).

Terduga pelaku sendiri diketahui berinisial JM yang merupakan salah satu pegawai PT SSI yang bertugas melakukan pengisian mesin ATM.

Ia mengaku nekat melancarkan aksinya karena tidak memiliki uang. Aksinya sendiri sering dilakukan di dua lokasi berbeda yaitu di ATM yang berada halaman kantor Bupati dan kantor Polres Pasangkayu dengan meraib uang sebesar 354 juta berdasarkan hasil audit PT. SSI Mamuju.

https://mamujupos.com/wp-content/uploads/2021/02/IMG-20210212-WA0059.jpg

Hal ini diungkapkan langsung oleh Direktur Reserse kriminal umum (Krimum) Polda Sulbar Kombes Pol Nyoman Artana berdasarkan hasil penyidikan.

Masih kata Dir krimum, modus yang dilakukan pelaku dengan cara memperbaiki ATM yang sebelumnya telah ia modifikasi, dimana ia memasang mesin tidak sempurna sehingga uang dalam ATM tidak bisa ditarik.

Saat dilaporkan ke pihak Bank, iapun (pelaku) yang ditugaskan memperbaiki dan mengisi mesin ATM dapat dengan leluasa melancarkan aksinya mengambil uang sedikit demi sedikit di mesin ATM kemudian ditutup kembali.

“Terduga pelaku bahkan pernah sekali melakukan aksinya dengan langsung meraib uang sebanyak Rp. 59.000.000 (lima puluh sembilan juta rupiah),” jelas Dir krimum.

Sementara itu, uang hasil kejahatan di pergunakan oleh pelaku untuk membeli 1 unit truk diesel dan selebihnya digunakan untuk keperluan kebutuhan pribadinya.

Atas perbuatanya pelaku harus mempertanggung jawabkan perbuatanya dengan sangkaan pidana pencurian dan penggelapan dengan ancaman pidana 5 tahun.

Humas Polda Sulbar

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.