Jambore PKH dan Kemah Literasi Gandeng Berbagai Komunitas

Gambar Jambore PKH dan Kemah Literasi Gandeng Berbagai Komunitas

Mapos, Mamasa — SDM Program Keluarga Harapan (PKH) Sulawesi Barat, menggelar Jambore PKH dengan menggandeng berapa Komunitas antara lain Korumta dan beberapa komunitas penggiat literasi di Sulbar

Kegiatan berlangsung selama tiga hari yakni 17-19 Januari 2020 yang dipusatkan di Lapangan Tasinara Malunda Kecamatan Majene, diikuti Ratusan SDM PKH dari enam Kabupaten di Sulbar. Para penggiat literasi dan juga beberapa kelompok Pramuka.

Selama tiga hari perkemahan berlangsung, diisi dengan berbagai kegiatan yakni pendidikan keluarga melalui Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) di empat titik dalam wilaya Kecamatan Malunda, dengan sasaran Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH yang dilakukan oleh SDM PKH, Worshop menggelar Lapak Baca, berbagai atraksi budaya, capacity bulding untuk SDM PKH, workshopdan Dialog Kebangsaan.

Selain itu, juga digelar lomba menggambar bagi anak-anak yang diikuti oleh anak KPM PKH dan masyatakat umum yang ada di sekitar lokasi kegiatan.

Dalam Sambutannya pada hari pembukaan, Bustan Basir Maras selaku Koordinator Wilayah PKH Sulbar menyebutkan, kegiatan ini terselenggara atas gotong royong dari berbagai pihak tanpa anggran khusus dari APBD maupun APBN.

“Murni gotong royong dengan melibatkan sejumlah Himbara parner kerja PKH selama ini seperti BNI, BRI, Mandiri dan BI. Begitupun teman-teman penggiat lietrasi dan Korumta, pihak Dinsos se Sulbar, Dikbud, Budpar, semua berbagi tanggungjawab, mulai dari kebutuhan konsumsi, panggung, trowongan, penerangan dll, semua murni hasil gotong royong banyak pihak,” ungkap Bistan.

Malam terakhir diselenggarakan Dialog Kebangsaan, bertemakan ‘Melebur Pada Semesta’ dengan topik dialog Pentingnya Pendidikan dan Literasi Dalam Mempercepat Pengentasan Kemiskinan.

Hadir Selaku Narasumber dalam dialog tersebut Staf ahli Bupati Majene Drs. H. Mustamin, Kadinsos Prov. Sulbar H. Bau Akram Dai, Ketua DPRD Kab. Majene, dipamdu lanhsunh Korwil PKH Sulbar Bustan Basir.

(anis)