Jalin Keragaman, Kapolda Sulbar Kunjungi Gereja Khatolik

IMG-20171018-WA0053Mapos, Mamuju – Keragaman budaya maupun agama yang dipunyai bangsa kita jangan dijadikan alat pemecah belah kesatuan dan persatuan namun jadikanlah sebagai kekayaan negeri yang kita cintai ini.

Hal tersebut disampaikan Kapolda Sulbar, Brigjen Pol. Drs. Baharuddin Djafar, saat melakukan kunjungan ke Gereja Khatolik Santa Maria, di jalan Bau Massepe Mamuju. Rabu (18/10/17) Pukul 16.00 WITA.

“Saya selaku Kapolda Sulbar mengajak kepada seluruh warga yang ada disini untuk tetap menghormati keragaman keyakinan yang ada di tengah-tengah masyarakat, untuk saling hormat menghormati, harga menghargai dan kuat toleransi antara umat beragama,” ungkap Kapolda dihadapan ratusan jemaat Gereja.

Kapolda Sulbar menyampaikan bahwa kunjungan keagamaan ini adalah bagian untuk memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat agar tetap kondusif. Sebab Ia meyakini peran para pemuka agama sangat penting untuk mendukung terwujudnya situasi kamtibmas tersebut.

“saya yakin dan saya meyakini dengan seyakin yakinnya bahwa kalau mau mengamankan suatu daerah itu maka dimulai dari rumah ibadah. Kalau ruhnya bagus maka baik semuanya”, jelasnya.

Selain itu, lanjut Kapolda, keragaman yang ada sudah diakui oleh seluruh warga bangsa ini bahkan dunia internasional juga mengetahuinya. Dan meminta masyarakat janganlah acuh terhadap situasi yang berkembang. Tetap jadikan Pancasila sebagai pedoman hidup.

Sementara itu, Pastur Oktavianus Samson menyampaikan rasa terima kasih atas kunjungan Kapolda Sulbar beserta rombongan.

Ia mengatakan, ini merupakan sejarah baru, dimana untuk pertama kalinya institusi kepolisian datang mengunjungi geraja khusunya di Gereja Santa Maria Mamuju.

Lebih jauh Ia menjelaskan, umat Katolik di Sulbar dari Mamuju Utara sampai ke Mamasa sejumlah 21 ribu jiwa yang terdiri dari 4.153 Kepala Keluarga (KK) siap mendukung terwujudnya kerukunan umat Bergama demi menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat.

Limpahan terima kasih kepada kapolda dan rombongan karena telah berkunjung ke gereja kami, jelasnya.

Lebih jelas Ia menyampaikan, kami ini bukan siapa-siapa namun Kapolda Sulbar sangat memperhatikan kami dan bahkan rela datang untuk mengunjungi kami secara langsung, ini suatu kesyukuran buat kami jemaat gereja Santa Maria, tuturnya.

Ditempat yang sama, Kabid Humas Polda Sulbar AKBP Hj. Mashura M, menjelaskan kunjungan keagamaan Kapolda Sulbar sudah menjadi agenda rutin. Kapolda akan mengunjungi seluruh pemuka agama yang ada di Sulawesi Barat.

“Kunjungan ini, bukan untuk umat Katolik saja namun telah diagendakan untuk semua pemuka agama”, Jelas Mashura.

Dalam kunjungan tersebut, Kapolda Sulbar ditemani Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama (KaKanwil Kemenag Sulbar) H. Muhdin dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) H. Herdin.

(fitria)