Jaga Kelestarian Alam, TNI di Kodim Majene Tanam Mangrove Bersama Siswa

  • 20 Sep 2019
  • Majene
  • R Fajar Soenoe
  • 210
Gambar Jaga Kelestarian Alam, TNI di Kodim Majene Tanam Mangrove Bersama Siswa

Mapos, Majene — Tanaman mangrove merupakan salah satu tanaman yang memiliki fungsi untuk mencegah terjadinya abrasi pantai dan tsunami.

“Untuk itu perlu kita jaga kelestariannya. Apalagi Kabupaten Majene merupakan wilayah yang membentang sepanjang pantai Barat Sulawesi,” kata Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 1401 Majene – Letkol Inf Ragung Ismail Akbar melalui Pasi Terdim 1401 Majene – Kapten Inf Rahmad usai menanam pohon mangrove bersama siswa SMK Kelautan Kecamatan Pamboang dan masyarakat setempat, Jum’at (20/9/2019) pagi di Desa Tinambung Kecamatan Pamboang.

Menurut Rahmad, kegiatan menanam pohon mangrove dilakukan dalam rangka menyukseskan program Penghijauan Kodim 1401/Majene dengan tema Bersama Hijaukan Bumi Indonesia sebagai Wujud Keperdulian demi Masa depan Generasi Bangsa.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga kelestarian lingkungan pantai dan untuk mencegah terjadinya abrasi dan tsunami serta peresapan air laut ke daratan,” tegas Rahmad.

Dengan adanya gotong royong antara TNI dengan siswa dan masyarakat, maka akan terjalin harmonisasi serta terwujud kemanunggalan sehingga tercipta suasana aman dan damai.

Pada kesempatan sama, Camat Pamboang – Irhamnia Muis Mandra SE.M.Si dalam sambutannya mengatakan, selaku pemerintah wilayah di Kecamatan Pamboang, Ia sangat bersyukur kepada TNI khususnya Kodim 1401/Majene karena kegiatan penanaman manggrove dilaksanakan di wilayah pantainya.

“Semoga kedepannya, ada lagi kegiatan serupa karena sangat bermanfaat kepada masyarakat kita di Kecamatan Pamboang,” kata Irhamnia.

Dia berharap agar masyarakat turut berperan serta menjaga pelestarian hutan mangrove atau hutan bakau

“Karena manfaat dari pohon bakau khususnya di pesisir pantai perlu peranserta seluruh elemen masyarakat untuk melestarikanya,” ujar Irhamniah.

Usai sambutan dilanjutkan dengan penanaman pohon manggrove oleh Camat Pamboang, Pasi Terdim 1401/Majene, Pasi Inteldim serta diikuti oleh yang lainnya.

Turut hadir dalam acara, Kapten Inf Ardam Nyampa ( Pasi Inteldim Majene), Kapten Inf Purwantoro Danramil 1401-03 Pamboang, Iptu Darwis ( Kapolsek Pamboang, Personil Kodim 1401/Majene, Personil Polsek Pamboang
Siswa SMK Kelautan serta masyarakat sekitar.

(ipunk)