HUT Majene Diharap Menjadi Penyemangat dan Daya Juang Masyarakat

  • 15 Agu 2019
  • Majene
  • R Fajar Soenoe
  • 205
Gambar HUT Majene Diharap Menjadi Penyemangat dan Daya Juang Masyarakat


Mapos, Majene — Hari ini tanggal 15 Agustus 2019, Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Majene kembali digelar untuk memperingati Hari Ulang Tahun (Baca Hari Jadi) nya yang ke 474.

Menurut Bupati Majene Fahmi Massiara, peringatan hari jadi ini dihelat sudah sebanyak lima kali.

“Semoga kita semua tetap dalam keadaan sehat walaflat. Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya atas nama masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Majene menyampaikan ‘Selamat Hari Jadi Majene Re 474 peringatan kelima” kepada seluruh Masyarakat,” kata Fahmi Massiara.

Dia berharap nilai-nilai sejarah pada tanggal, bulan dan tahun kesepakatan Hari Jadi Majene tersebut menjadi semangat dan membangun daya juang bersama dalam membangun Kabupaten Majene menjadi wilayah yang disegani di wilayah Provinsi Sulawesi Barat dan Provinsi lainnya.

Ia mengaku, pada momentum Hari Jadi Majene ke-474 tahun ini sekaligus menjadi bagian tahun ketiga kepemimpinan Fahmi Massiara – Lukman.

“Kami, pemerintah terus berupaya untuk menunjukkan komitmen kami dalam merespon segala kebutuhan masyarakat,” katanya.

Dikatakan, pelaksanaan Pembangunan dan kemajuan masyarakat Majene dalam usia 474 tahun telah berjalan dengan cukup baik dan berhasil, hal ini dapat terlihat dari capaian kinerja indikator makro pembangunan sebagai impact dari penyelenggaraan pemerintah periode 2018.

Capaian kinerja antara lain sebagai berikut ;

1.Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kabupaten Majene atas dasar harga konstan dan harga berlaku menunjukkan kenaikan setiap tahun. PDRB harga berlaku Kabupaten Majene tahun 2017 sebesar Rp4,1 trilyun meningkat dari capaian tahun 2016 sebesar Rp3,8 trilyun. Adapaun PDRB harga konstan tahun 2017 sebesar Rp3,1 trilyun meningkat dari capaian tahun 2016 sebesar Rp2,9 triliun.

2. Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Majene tumbuh sebesar 6,47 persen pada tahun 2017 meningkat dari capaian tahun 2016.

Selain itu terdapat beberapa penghargaan tingkat provinsi den nasional yang diraih Pemerintah Kabupaten Majene periode tahun 2018 hingga semester I tahun 2019 sebagai berikut:

1. Pada Budang Pengendalian Penduduk dan Keiuarga Berencana, Pemerintah Kabupaten Majene mendapat penghargaan dari Presiden yakni Anugrah Kencana atas dukungan dan komitmennya dalam menggerakkan program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga (KKBPK) untuk mewujudkan keluarga kecil bahagia sejahtera yang berkualitas diwilayah Kabupaten Majene.

2. Pada Bidang Administrasi Pemerintahan Manajemen Perencanaan Pembangunan Daerah, Pemerintah Kabupaten Majena menerima dari Bank Indonesia dengan prestasi nominasi Tim Pengendali inflasi daerah terbaik tahun 2018.

3. Pada Bidang Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Majene mendapat pengharagaan dari Menteri Hukum dan Ham RI dengan penghargaan Quattrick (empat kali berturut-turut) dari tahun 2015, 2016, 2017 dan 2018 dengan tujuh kategori capaian, yakni; hak atas kesehatan, hak atas pendidikan, hak perempuan dan anak, hak atas kependudukan, hak atas pekerjaan, hak atas perumahan dan hak atas lingkungan yang berkelanjutan.

4. Pada Bidang Kesehatan, Pemerintah Kabupaten Majene menerima penghargaan dari Presiden RI melalui Mendagri, yakni ; penghargaan Universal Health Coverage (UHC)) tahun 2018, atas apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten yang sudah mencapai cakupan semesta lebih awal tahun.

(Laporan : Fajar Soenoe)