Hatta Kainang Akan Gelar FGD Terbuka Untuk Bedah RAPBD 2020

Gambar Hatta Kainang Akan Gelar FGD Terbuka Untuk Bedah RAPBD 2020

Mapos, Mamuju – Wakil Ketua Komisi 2 DPRD Sulbar, Hatta Kainang, akan mengadakan Focus group discussion (FGD) soal bedah RAPBD 2020 dan nota keuangan di warkop Kanne pada hari Sabtu 2 November 2019.

Diskusi ini dilakukan untuk mendapatkan masukan dari publik soal fungsi penganggaran DPRD Sulbar.

“Ini terbuka untuk umum. Dari sini kita akan mendapatkan masukan dan adanya sharing informasi atas rancangan belanja dan pendapatan APBD 2020. Sehingga publik bisa mengetahui dan mencermati isi RAPBD,” tutur anggota Banggar DPRD Sulbar ini, Rabu (30/10/2019).

Langkah ini, lanjut Hatta, adalah cara untuk melibatkan publik dalam setiap pengambilan keputusan.

“Dan output FGD menjadi bahan bagi saya sebagai anggota banggar DPRD Sulbar dalam pembahasan RAPBD,” katanya.

Dari diskusi publik ini, nantinya akan melihat rencana program tiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Publik dapat memberikan masukan dan kritik terkait kelayakan program-program tersebut.

“Yang penting, program harus menyentuh sisi ekonomi kerakyatan dan menambah pendapatan rakyat. Sehingga APBD untuk rakyat bisa terealisasi,” tegasnya.

FGD merupakan salah satu metode penelitian kualitatif yang paling terkenal selain wawancara. FGD merupakan diskusi terfokus dari suatu group untuk membahas suatu masalah tertentu dalam suasana informal dan santai.

(*)