Hati-hati Memuat Penumpang di Mobil Bak Terbuka, Bisa Ditilang Polisi

  • 1 Agu 2019
  • Majene
  • R Fajar Soenoe
  • 187
Gambar Hati-hati Memuat Penumpang di Mobil Bak Terbuka, Bisa Ditilang Polisi

Mapos, Majene — Masyarakat banyak mungkin tidak tahu kalau menumpang di mobil bak terbuka bakal ditilang polisi.

“Aturan itu sudah lama berlaku di undang-undang lalu lintas. Makanya, kita selaku aparat bertugas untuk melindungi masyarakat. Jadi kalau ada begitu, kita larang karena bisa berbahaya bagi mereka (penumpang mobil di bak terbuka),” sebut Kapolsek Sendana AKP Achmad Syarif Tola usai menghentikan kendaraan roda empat bak terbuka yang memuat penumpang (anak sekolah) di jalan trans Sulawesi, Dusun Tappagalung, Desa Lalatedong Kecamatan Sendana, Kamis (1/8/2019) pagi tadi.

Ia menyebut, mengangkut penumpang di mobil bak terbuka seperti mobil jenis pick up tanpa dilengkapi pengaman sangat berbahaya.

“Kalau terjadi kecelakaan, yang rugi adalah masyarakat sendiri. Apa lagi yang dimuat anak sekolah. Kasihan mereka jika terjadi sesuatu,” kata Achmad Syarif Tola.

Menurut dia, pihaknya belum memberikan tindakan berupa tilang kepada pengemudi lantaran upaya yang dia lakukan hanya sebagai imbauan saja.

“Kita hanya tegur pengemudi agar tidak mengulangi kesalahannya dikarenakan kendaraan tersebut diperuntukkan untuk barang,” katanya.

Dia berharap supaya masyarakat taat pada peraturan yang ada karena kebanyakan kecelakaan terjadi akibat pelanggaran.

(ipunk)