Gubernur Ikuti Rakorda Percepatan APBN/APBD 2020

Gambar Gubernur Ikuti Rakorda Percepatan APBN/APBD 2020

Mapos, Mamuju – Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar mengikuti Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Percepatan APBN/APBD 2020 wilayah Sulawesi Barat dalam rangka mendukung Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) secara virtual di Rujab Gubernur Sulbar, Rabu, 23 September 2020.

Dalam rakorda tersebut, Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar menyampaikan, Pemprov memberikan apresiasi yang tinggi kepada Kanwil Ditjen Perbendaharaan Sulbar selaku perwakilan kementerian keuangan atas inisiasi dalam rangka mendorong percepatan realiasi APBN/APBD di wilayah Sulawesi Barat.

“Semoga kegiatan ini bisa kita laksanakan bersama secara reguler setidaknya setiap triwulan,” kata Ali Baal Masdar.

Ia juga menyampaikan, kondisi perekonomian nasional dan Sulbar mengalami tekanan tinggi. Berdasarkan rilis dari BPS, pertumbuhan ekonomi nasional di triwulan pertama masih tumbuh 2,97 persen secara year on year, menurun drastis ke -5,32 persen, sedangkan pertumbuhan ekonomi Sulbar di triwulan satu tumbuh 4,92 persen dan terkontraksi di triwulan dua ke level 0,79 persen.

Ia juga mengemukakan,Presiden Joko Widodo telah mengingatkan bahwa triwulan tiga menjadi kunci pemulihan ekonomi.

“Apabila kita semua gagal, maka peluang besar bagi negara kita untuk mengalami resesi ekonomi, sebagaimana yang dialami terlebih dahulu oleh negara-negara besar yang lain,” tandasnya.

Kepala BPKPD Sulbar, Amujib menyampaikan, kegiatan tersebut merupakan rapat koordinasi yang diinisiasi oleh Dirjen Perbendaharaan untuk mengetahui sejauh mana serapan anggaran di Provinsi Sulbar baik instansi vertikal maupun pemerintah daerah, kabupaten dan provinsi.

“Dari pertemuan tersebut diharapkan bisa mendongkrak sisi serapan maupun penerimaan dari kabupaten/ kota . Semoga rakorda ini bisa berjalan secara kontinyu,” kata Amujib.

(farid)

Baca Juga