GSI Sulbar Dibuka Bupati Majene

  • 27 Agu 2019
  • Majene
  • R Fajar Soenoe
  • 204
Gambar GSI Sulbar Dibuka Bupati Majene

Mapos, Majene — Gala Siswa Indonesia (GSI) 2019 Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) Dibuka oleh Bupati Majene Fahmi Massiara, di Stadion Parasamya Mandar Majene, Selasa (27/8/2019).

Acara ini dihadiri oleh Kadis Pendidikan dan Kebudyaan Provinsi Sulbar – Arifuddin Toppo, Dandim 1401 Majene – Letkol Inf Ragung Ismail Akbar, Kajari Majene – Nur Surya, Wakapolres Majene – Kompol H Jamaluddin, Ketua PSSI Majene – H Kalma Katta, Ketua KONI Sulbar beserta pengurus, Sekretaris Koni Majene – Jainuddin Sayadul, para Kadis Pendidikan se Sulbar dan undangan lainnya.

Pelaksanaan kegiatan GSI SMP se Provinsi Sulbar dilaksanakan 27 – 31 Agustus 2019 di Stadion Parasamnya Mandar Majene.

Acara diawali dengan penampilan tari pembuka dari Sanggar Tipalayo Majene, dilanjutkan dengan devile para atlet se Provinsi Sulbar.

Ketua Pantia Pelaksana – Abrar, S. Pd, M. Pd yang juga Kasi SFPTMP LPMP Sulbar
mengatakan, GSI adalah even menuju langkah nyata percepatan pembangunan sepak bola nasional.

“Apa yang kita lakukan ini adalah perintah dan arahan Presiden RI melalui Inpres nomor 3 tahun 2019 tentang percepatan persepakbolaan nasional,” katanya.

Tujuan GSI lanjut Abrar, adalah untuk meningkatkan kecintaan dan apresiasi siswa terhadap cabang olahraga sepak bola, mengembangkan bakat dan minat siswa dalam cabang olahraga sepak bola, dan mengembangkan karakter siswa sehingga menjadi siswa yang sportif, bertanggung jawab, kolaboratif, kompetitif.

“Ini merupakan bagian dari pendidikan karakter dan revolusi mental,” urainya.

Lanjut dikatakan, kompetisi GSI sudah dimulai dari tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi dan nasional.

“Semua siswa yang akan mengikuti kompetisi tingkat provinsi harus terdaftar melalui tahap awal kesertaannya pada GSI tingkat kecamatan dengan melakukan pendaftaran secara daring sebagai persyaratan awal menjadi peserta GSI,” sebutnya.

Berdasarkan data pendaftaran, GSI tingkat Sulbar diikuti 6 kabupaten, terdiri dari 29 kecamatan, 100 sekolah, dengan jumlah siswa berpartisipasi 1.241 orang dan akan mempertandingkan 10 pertandingan, 6 tim dari 6 kabupaten akan dibagi dalam 2 group.

Sementara itu, Bupati Majene Fahmi Massiara sebelum membuka acara mengatakan, untuk kedua kalinya GSI dilaksanakan provinsi seluruh Indonesia.

“Tidak seperti tahun sebelumnya, untuk tahun ini GSI dikelola oleh LPMP. Bila kita ingin memunculkan bakat olahraga, memang harus dimulai dari tingkat sekolah, seperti yang kita saksikan saat ini dimana yang menjadi primadona dari seluruh cabang olahraga adalah sepakbola, sehingga akhirnya ada kompetisi Gala Siswa Indonesia yang telah dilakukan oleh LPMP Provinsi Sulawesi Barat,” kata Fahmi Massiara.

GSI kata dia, adalah salah satu sarana untuk mengembangkan bakat dan minat para siswa siswi setingkat SLTP di bidang olahraga sepak bola, sehingga kedepannya akan menciptakan bintang-bintang sepak bola yang akan bisa bersinar dan berjaya di tingkat nasional maupun di tingkat dunia.

“Pada kesempatan ini saya menyambut baik kegiatan yang sangat positif ini, semoga semua anak-anak yang mengikuti kompetisi GSI sekarang dapat bermain sesuai dengan janji atlet yang telah dibacakan tadi dan juga kepada para wasit supaya memimpin pertandingan secara sportif dan fair play,” tegas Fahmi Massiara dan menambahkan siapa pun nanti yang akan keluar sebagai juara tentunya pasti akan diutus untuk menjadi duta dari Sulawesi Barat ke tingkat nasional.

“Tentu akan ada yang kalah dan ada yang menang, namun dibalik semua itu akan tercipta dan lahir bibit baru di dunia sepak bola. Jayalah Sepakbola Indonesia,” kata Fahmi Massiara menyemangati sembari membuka acara secara resmi.

(ipunk)