Gerakan 3 M, Alternatif Termudah Cegah Pandemi Covid-19

Gambar Gerakan 3 M, Alternatif Termudah Cegah Pandemi Covid-19

Mamuju, GERAKAN 3 M atau Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan dengan sabun ternyata menjadi alternatif yang paling mudah untuk mencegah penyebaran Corona Virus Diseases 2019 (Covid-19). Kebijakan ini faktanya lebih diterima masyarakat dibandingkan harus mengurangi aktivitas.

Sejauh perjalanan meliput kampanye paslon Pilkada, gerakan 3 M ini ternyata sudah populer hingga ke pelosok. Hingga ke perkampungan di kaki gunung maupun pedalaman.

Dan selama mengikuti reses anggota komisi IV DPR RI, Suhardi Duka, ke berbagai pelosok wilayah Kabupaten Mamuju, tidak ada seorang wargapun yang menolak mengenakan masker. Bahkan mereka mencuci tangan terlebih dahulu sebelum masuk lokasi reses.

Bahkan 50 orang warga yang berada dalam tenda pertemuan, meminta tangannya dibersihkan kembali dengan hand sanitizer.

“Lebih mudah dengan gerakan 3 M ini daripada harus mengurangi kegiatan di luar. Kami ini mayoritas petani dan pedagang. Kalau tidak keluar rumah untuk bekerja, kami tidak bisa berbuat apa-apa,” tutur salah seorang warga Desa Pammulukang Kecamatan Kalukku, Jumriah.

Wajahnya masih mengenakan masker. Begitu pun dua orang anaknya yang mengenakan masker motif pahlawan kartun.

Pengakuan Jumriah ini diyakini mewakili mayoritas warga. Karena di Desa itu, tidak ada seorang pun yang tidak melakukan aktivitas sehari-hari. Ya meski mereka harus menjadi diri, namun paling tidak kebutuhan hidup bisa tertutupi.

“Sebelum ada kebijakan ini, kami takut keluar rumah. Jangankan ke kebun, untuk beli beras saja takut. Sekarang, kami lebih leluasa untuk bekerja. Kebun pun terurus dan mulai ada penghasilan, meski tidak sebesar saat sebelum Covid,” tuturnya.

Di kawasan kaki bukti lainnya, Desa Salu Bara’na dan Salukayu I, respon senada diungkapkan warganya. Bahkan perangkat desanya melarang warga yang tidak mengenakan masker untuk mengikuti kegiatan reses jika tidak mengenakan masker. Pun termasuk aktivitas mereka sehari-hari, wajib mengenakan masker.

Penyebaran virus Corona atau COVID-19 di Indonesia harus ditekan semaksimal mungkin. Salah satu cara utamanya adalah dengan menerapkan perilaku hidup disiplin. Maka, selalu #ingatpesanibu dengan melakukan langkah 3M sebagai upaya mencegah sekaligus memutus rantai penularan COVID-19.

Apa itu 3M? Membiasakan dan mewajibkan diri untuk mematuhi protokol kesehatan merupakan salah satu kunci agar virus COVID-19 dapat ditekan penyebarannya. Namun, dibutuhkan perilaku disiplin dari dari sendiri, juga sangat perlu untuk dilakukan secara kolektif dengan penuh kesadaran.

Penerapan 3M yang paling utama adalah menjaga jarak atau social distancing dengan jarak minimal 1 meter, termasuk dengan menghindari kerumunan. Hal tersebut dapat meminimalisir risiko penyebaran COVID-19.

(*)