Festival Sandeq Race, Calender of Event Sulawesi Barat 2019

0
128

Tanggal 7-13 Agustus 2019 Polewali Mandar – Majene – Banua Sendana – Deking – Mamuju

Mapos, Mamuju – Festival Sandeq Race merupakan salah satu event pelestarian budaya bahari di Sulawesi Barat. Dilaksanakan setiap tahunnya dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yaitu pada bulan Agustus.

Event tersebut masuk dalam 100 Calender of Event Wonderful Indonesia 2019 yang pelaksanaannya ditetapkan dari tanggal 7 – 13 Agustus 2019.

Sandeq Race adalah lomba perahu tradisional suku Mandar yang ada di Sulawesi Barat, paling tercepat, terkeras dan jarak tempuh paling terjauh di dunia dengan hanya menggunakan layar dan mengandalkan angin sebagai penambah kecepatannya.

https://mamujupos.com/wp-content/uploads/2021/02/IMG-20210212-WA0059.jpg

Sandeq Race dilaksanakan secara marathon dengan rute lomba start dari Pantai Bahari Polewali, Kabupaten Polewali Mandar dan finish di Pantai Manakarra Kota Mamuju dengan melewati beberapa etape. Dimana setiap etape diisi dengan lomba segitiga dan berbagai rangkaian kegiatan yang disebut sebagai Teras sandeq, seperti festival atraksi seni budaya, dialog pariwisata, hiburan rakyat dan permainan tradisional Sulawesi Barat.

Festival Sandeq Race dapat menjadi yang terfavorit Calender of Event Wonderful Indonesia 2019 dan kiranya akan mampu meningkatkan kunjungan wisatawan ke Sulawesi Barat, baik lokal, domestik maupun mancanegara serta dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

Salam Pesona Indonesia.

(*)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.