Fahmi Massiara Ingin Kembangkan Reset dan Inovasi Daerah Melalui STP

  • 22 Sep 2019
  • Majene
  • R Fajar Soenoe
  • 630
Gambar Fahmi Massiara Ingin Kembangkan Reset dan Inovasi Daerah Melalui STP

Mapos, Majene — Sebagai kabupaten penunjang terbentuknya ibu kota negara, Kabupaten Majene diharap dapat menjadi daerah pengembangan Science Techno Park (STP).

Demikan dikatakan Bupati Majene – Fahmi Massiara ketika ditanya wartawan soal materi yang akan dia bawakan dalam seminar nasional yang akan dihelat pada tanggal 25 September 2019 mendatang di Kampus Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin, Jalan Poros Gowa – Malino Kabupaten Gowa.

Menurut Fahmi, Kabupaten Majene sebagai penyangga ibu kota baru memang harus berinovasi dengan jalan mengembangkan riset melalui STP.

Alasan dia, cukup banyak penghargaan nasional yang telah diraih Kabupaten Majene dan didukung dengan hadirnya beberapa perguruan tinggi negeri yang sudah ada.

“Kita sudah memiliki dua universitas yang akan menjadi pioner dalam riset dan development untuk pengembangan produk unggulan yang diolah di science techno park,” tegas bupati yang bergelar doktor ini.

Menurut dia, ada sejumlah komiditas yang diharapkan dapat diandalkan dalam STP semisal pengembangan industri mur dan baut, serat sabut kelapa komoditas ekspor dan pengembangan Technologi Fish Apartemen untuk ikan terbang.

“Science technopark adalah kawasan terpadu pengembangan inovasi berbasis Iptek dengan pelibatan lintas sektor untuk mendukung pertumbuhan ekonomi daerah,” katanya.

Disinggung soal kenapa dia membawakan materi STP dalam seminar nasional nantinya, Fahmi Massiara mengatakan, karena program STP adalah program nasional melalui Kemenristek Dikti yang dalam rancangan RPJMD akan dibangun pada beberapa daerah di Indonesia.

Ia berharap Fakultas Teknik Unhas dapat mendukung program ini.

“Harapannya, ya Fakultas teknik Unhas dapat memfasilitasi program ini untuk turun ke wilayah Kabupaten Majene,” pungkasnya.

(ipunk)