Dorong SPBE, Bapperida Rakor dengan Dinas Kominfo

Mapos, Mamuju — Dalam rangka mendorong penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Sulawesi Barat, Badan Perencanaan Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah (Bapperida) Sulbar melakukan rapat koordinasi dengan Tim Teknis SPBE Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfopers) Sulbar di Ruang Kerja Sekretaris Bapperida Sulbar, Senin (18/3/2024).

Diketahui, sesuai Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Nomor 13 Tahun 2024 tentang Hasil Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik pada Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah Tahun 2023, Pemerintah Sulbar mendapat predikat Baik dengan nilai indeks 2,89.

Untuk mendorong peningkatan nilai tersebut, Bapperida dan Diskominfopers Sulbar membahas beberapa indikator optimalisasi Indeks SPBE Sulbar Tahun 2024 yang menjadi tanggung jawab Bapperida Sulbar, yaitu Indikator Kebijakan Manajemen Data, Kematangan Rencana dan Anggaran SPBE, Kematangan Kolaborasi Penerapan SPBE, Penerapan Manajemen Data, dan Layanan Perencanaan (SIPD).

Hadir memimpin rapat, Sekretaris Bapperida Sulbar, Muh. Darwis Damir menyoroti dokumen evaluasi dan reviu kematangan Rencana dan Anggaran SPBE.

“Terkait indikator tersebut, perlu memberikan rekomendasi kepada TAPD Provinsi Sulawesi Barat dalam asistensi RKA-OPD, agar melibatkan tim koordinasi SPBE kominfo terhadap output sub kegiatan dukungan pelaksanaan SPBE.” ujar Darwis.

Menurutnya, dukungan pelaksanaan SPBE penting karena sudah menjadi kebijakan nasional.
“Sesuai dengan KEPMENDAGRI terbaru tahun 2023 (KEPMENDAGRI nomor 900.1.15.5-1317 Tahun 2023) tentang klasifikasi dan nomenkaltur kegiatan, dengan adanya Sub Kegiatan Dukungan Pendukung SPBE dalam aturan tersebut, maka seharusnya wajib bagi setiap opd untuk merencanakan dan menganggarkan sub kegiatan dukungan pelaksanaan SPBE ini” sambungnya.

Pada kesempatan berbeda, Kepala Bapperida Sulbar, Junda Maulana mendorong untuk mengoptimalisasi penerapan SPBE di lingkungan kerjanya.
“Untuk mengotimalkan pelaksanaan SPBE, kami telah membentuk Tim Kerja yang mengelola SPBE Bapperida Sulbar dan juga mendukung SPBE Provinsi. Harapannya tahun ini Bapperida Sulbar mendapat nilai indeks SPBE lebih baik dari tahun sebelumnya,” terang Junda Maulana.

(*/adv)

error: Maaf... ! Web ini di Protek yaaa...