Disnaker Sulbar Seleksi Peserta Pemagangan Dalam Negeri

0
72

Mapos, Mamuju – Dalam rangka peningkatan kualitas dan kompetensi pencari kerja (calon tenaga kerja) Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat melalui Dinas Tenaga kerja Sulbar, mengadakan Rekrutmen Magang, di Kantor Disnaker Kompleks Kantor Gubernur Sulbar, Rabu, 31 Maret 2021. Ada beberapa jurusan yang dibuja dibuka dalam pemagangan yaitu perbankan, ritel, electrical (Listrik), printing /desain grafis, tata rias, otomotif, perhotelan dan pertanian

Kabid Pelatihan Kerja dan Penempatan Tebaga Kerja (P2TK) Sthepanus Buntumadika, menyampaikan, pemagangan tersebut merujuk pada UU RI Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan pasal 21, yaitu Pelatihan kerja dapat diselenggarakan dengan Sistem Pemagangan. Pemagangan dalam negeri itu merupakan program nasional dari kementerian ketenagakerjaan, yang dilaksanakan secara serentak di 34 provinsi yang ada di Indonesia, akan tetapi dijadwalkan berbeda-beda dari setiap provinsi.

“Ini merupakan salah satu upaya percepatan ekonomi masyarakat kita yang ada di Sulbar, karena seperti yang kita ketahui Covid-19 masih ada, dan ditambah baru-baru ini kita dihadapi oleh musibah bencana gempa bumi,” ujar Stephanus.

https://mamujupos.com/wp-content/uploads/2021/02/IMG-20210212-WA0059.jpg

Pemagangan yang dilakukan Disnaker Sulbar di tahun 2021 ini, lanjut Stpehanus, diharapkan mampu meningkatkan sumber daya manusia, menambah wawasan dan keterampilan peserta magang ditempat kerja nanti, sehingga akan lebih mudah terserap di pasar kerja.

Disebutkan, sebanyak 640 orang yang mendaftarkan diri secara online untuk mengikuti pemagangan, dan kuota Sulbar tahun ini sebanyak 110 orang. Daru 640 peserta yang mendaftar akan dilakukan seleksi selama dua hari , mulai Rabu, 31 Maret sampai Kamis, 1 April, dengan dua tahapan seleksi yaitu pemberkasan dan wawancara.

” Mereka yang dinyatakan lulus dalam seleksi akan disebar magabg pada tiga kabupaten yaitu Kabupaten Mamuju, Mamuju Tengah dan Polman,” sebut Stephanus

Pemagangan tersebut menyediakan fasilitas seperti uang saku senilai Rp. 1.000.000 (selama 5 bulan berturut-turut), BPJS Ketenagakerjaan, dan sertifikat.

(ayu/adv)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.