Dinas Transmigrasi Sulbar Gelar Rembuk Padat Karya dengan Poktan di Majene

Mapos, Majene — Dinas Transmigrasi Provinsi Sulawesi Barat, melalui Bidang Pengembangan Kawasan Transmigrasi, lakukan kunjungan kerja di Desa Tande Allo, Kecamatan Ulumanda, Kabupaten Majene, Kamis, 25 April 2024.

Tujuan kunker ini untuk melaksanakan rembuk bersama dengan para kelompok tani penerima bantuan padat karya tunai. Yakni kelompok tani Bura Cengkeh, Cahaya Paku, Sinar Kaalloang, Sipaturui dan Satu Hati (Panggalo). Musyawarah dilaksanakan di Aula Kantor Desa Tande Allo.

Rembuk tersebut membahas Program Padat Karya sekaligus penyerahan Desain Gambar dan RAB (Rencana Anggaran Biaya) oleh Kepala Bidang Pengembangan Kawasan Transmigrasi Ruslan Jabbar, bersama Pejabat Fungsional Analis Kebijakan, Sub Koordinator Pembangunan dan Pengembangan Kawasan Transmigrasi Muhammad Ramli, kepada kelompok tani penerima bantuan Padat Karya Tunai. Penyerahan ini disaksikan Plt Kepala Desa Tande Allo, Budiamin.

Ruslan Jabbar, mengatakan, Rembuk Padat Karya dapat menjadi wadah bagi berbagai pihak di desa untuk berkolaborasi dan bersinergi dalam pelaksanaan program padat karya. Hal ini dapat meningkatkan efektivitas program dan memaksimalkan sumber daya yang tersedia.

“Kemudian yang kedua, program padat karya ini dapat memberikan kesempatan kerja bagi masyarakat, terutama bagi mereka yang menganggur atau memiliki penghasilan rendah. Hal ini dapat berimplikasi meningkatnya pendapatan masyarakat dan membantu mereka memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari,” katanya.

Ruslan menambahkan, program padat karya bukanlah proyek tetapi ini adalah murni program Pemberdayaan Masyarakat Desa.

“Dengan adanya program ini, kita manfaatkan semaksimal mungkin. ‘Pecoai re lao jamayamatta’ atau kerjakan dengan baik. Karena siapa lagi yang perbaiki wilayah kalau bukan bapak ibu sekalian,” harap Ruslan.

Plt Kepala Desa Tande Allo, Budiamin, bersyukur dan berterimakasih kepada Dinas Transmigrasi Provinsi Sulawesi Barat dan mengajak Masyarakat di Desanya untuk menjalankan program dengan bersungguh-sungguh.

“Kita patut berterimakasih kepada Dinas Transmigrasi yang memberikan Program pada kita semua. Olehnya kita harus laksanakan dengan baik, dengan penuh rasa tanggung jawab. Karena banyak orang yang ingin mendaptkan program-program seperti ini tetapi belum ada kesempatan untuk mendapatkan. Maka mari kita sambut dengan baik dan kerjakan sepenuh hati, semoga kedepannya bermanfaat untuk Desa kita dan semua,” papar Budiamin.

Turut dihadiri para pelaksana Tani Padat Karya, Pejabat Fungsional Penggerak Swadaya Masyarakat (Sub.Koordinator Pengembangan Usaha dan Sosial Budaya) Nurlina, S.HUM, Analis Kawasan Transmigrasi Sriastuti, Analisis Pengembangan Sarana dan Prasarana Arifuddin dan Fasilitator Kemitraan Ahmad.

(*/adv)

error: Maaf... ! Web ini di Protek yaaa...