Danrem 142 Mengimbau Agar TNI Jaga Netralitas dalam Pemilu

  • 5 Feb 2019
  • Majene
  • R Fajar Soenoe
  • 329
Gambar Danrem 142 Mengimbau Agar TNI Jaga Netralitas dalam Pemilu

Mapos, Majene — Danrem 142/Tatag Kolonel Inf Eventius Teddy Danarto mengimbau seluruh prajurit Kodim 1401 Majene beserta staf PNS untuk menjaga netralitas di Pemilihan Umum tahun ini.

Dia mengatakan, tahun 2019 adalah tahun politik Pilpres dan Pileg. Dalam hal ini, tugas TNI adalah mengamankan dan menyukseskan agenda nasional tersebut.

”TNI berada pada posisi netral dan tidak melibatkan diri dalam politik praktis, pedomani 6 butir perintah Pangdam XIV/Hasanuddin termasuk buku saku Netralitas TNI,” kata dia saat melakukan kunjungan kerja di Makodim 1401 Majene, Selasa (4/2/2009).

Kata dia anggota TNI dilarang berfoto dengan menggunakan simbol jari yang bisa ditafsirkan bentuk dukungan ke Paslon sesuai arahan surat telegram Pangdam nomor 24 tahun 2019 tanggal 28 Januari 2019.

Dia juga berpesan agar prajurit TNI dapat meningkatkan penguasaan wilayah dan memetakan tingkat kerawanan sebagai dampak meningkatkan suhu politik pada tahapan pelaksanaan Pipres dan Pileg tahun 2019.

“Hindari Narkoba, asusila dan pelanggaran lainnya yang akan merusak citra TNI dan keluarga kalian,” tambahnya.

Lebih jauh dia menegaskan, bahwa prajurit harus menjaga kemanunggalan TNI dengan rakyat dan berpegang teguh pada Sapta Marga, sumpah sumpah prajurit dan delapan wajib TNI sebagai landasan dalam pembinaan wilayah.

Dia juga meminta agar meningkatkan sinergitas antara TNI dan Polri dalam melindungi dan menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Rangkul seluruh elemen masyarakat, mulai dari tokoh adat, tokoh agama, tokoh pemuda sehingga mudah dilakukan koordinasi apabila terjad hal – hal yang tidak diingingkan,” pinta Kolonel Eventius.

“Bina hubungan baik dengan pemerintah setempat dan senantiasa lakukan koordinasi untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, lakukan kegiatan aksi kemanusiaan sehingga dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat,” imbuhnya.

Danrem 142/Tatag, Kolonel Inf Eventius Teddy Danarto bersama Ibu Ketua Persit KCK Koorcab Rem 142/Tatag/PD IV Hasanuddin, Ny. Atik Teddy Danarto, bersama rombongan tiba di Makodim 1401/Majene Jln Jendral Sudirman No 178 Kab. Majene, sambut oleh Dandim 1401/Majene, Letkol Inf Ragung Ismail Akbar S.Sos.,M.,I.,Pol bersama Ibu Ketua Persit KCK cabang XXXVI dim 1401/Majene, dengan Tarian Pa’dupa serta pengalungan bunga.

(chalie)