Dandim 1401 Majene : Akses Jalan di Kecamatan Ulumanda Sudah Mulai Terbuka

0
147

Mapos, Majene — Gempa yang melanda Kabupaten Majene dan Kabupaten Mamuju pada 14-15 Januari 2021 lalu mengakibatkan banyak ruas jalan terputus akibat longsor.

Menurut Komandan Kodim 1401 Majene, Letkol Inf Yudi Rombe, Senin (01/02/2021), usai mendapat laporan dari masyarakat bahwa sejumlah akses jalan dari dan menuju ke Kecamatan Ulumanda lumpuh akibat tertimbun material longsor pasac gempa bumi, ia segera melakukan koordinasi dengan pihak terkait termasuk jajaran TNI lainnya untuk segera membuka akses jalan itu.

“Apalagi di wilayah itu merupakan titik episentrum gempa berkekuatan 6,2 magnetudo. Tentu dampaknya cukup dirasakan oleh masyarakat sekitar. Kalau tidak segera dibuka, kasihan masyarakat disana yang kesulitan mendapat bantuan. Untung saja selama akses jalan belum terbuka, ada sarana transportasi berupa helikopter untuk menyalurkan bantuan,” ungkap Letkol Yudi Rombe.

https://mamujupos.com/wp-content/uploads/2021/02/IMG-20210212-WA0059.jpg

Dikatakan, dengan mengerahkan seluruh potensi yang ada berupa alat berat dan melibatkan Yon Zipur, hingga hari ini akses jalan dari dan menuju wilayah terisolir akibat material longsor sudah bisa dilalui.

“Sudah ada tiga itik longsoran berhasil dibuka oleh tim di lapangan,” katanya.

Ia merinci, sebelum Desa Kabiraan Kecamatan Ulumanda, titik longsor sepanjang jalan kurang lebih sekitar 60 meter kini sudah bisa dilalui kendaraan roda 2 maupun roda 4.

“Titik longsor yang kedua masih berada di Dusun Babbasondong Desa Kabiraan Kecamatan Ulumanda longsoran menutup badan jalan sepanjang kurang lebih 50 meter juga sudah terbuka. Demikian pula titik longsor ketiga berada di Dusun Lombe, Desa Tandeallo dan titik longsor di Dusun Paku, Desa Tandeallo sepanjang 70 meter juga sudah terbuka,” sebut Letkol Yudi.

Dia berharap dengan terbukanya akses jalan di Kecamatan Ulumanda akan memudahkan masyarakat sekitar untuk memulai kehidupan baru layaknya sebelum gempa terjadi.

(*)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.