Catat Ini, Proses Rekrutmen Paskibraka 2024 Gratis

Mapos, Mamuju — Plt. Kaban Kesbangpol Sulawesi Barat (Sulbar), Muh. Yusuf Tahir menyampaikan bahwa Proses Rekrutmen dan Seleksi Paskibraka Tahun 2024 di 6 (enam) kabupaten di Sulbar sedang berlangsung.

Tujuan dari proses rekrutmen dan seleksi ini adalah untuk menjaring putra putri terbaik yang merupakan kader bangsa untuk melaksanakan tugas mengibarkan/menurunkan duplikat bendera pusaka pada Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia dan Peringatan Hari Lahir Pancasila.

Bahwa berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 51/2022 tentang Program Paskibraka dan Peraturan BPIP Nomor 3/2022 tentang Peraturan Pelaksanaan Perpres 51/2022 tentang Paskibraka, pembentukan Paskibraka tidak hanya disiapkan sebatas untuk mengibarkan dan menurunkan bendera pusaka pada peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia.

‚ÄúTetapi menjadi suatu program pengaderan calon pemimpin bangsa yang berkarakter Pancasila. Sistem pembinaan dalam pemusatan pendidikan dan pelatihan terdiri dari pembelajaran aktif ideologi Pancasila dan pemantapan nilai wawasan kebangsaan,” kata Muh. Yusuf Tahir, saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu 28 Februari 2024.

Dengan demikian, penting diketahui oleh masyarakat umum dan pihak terkait bahwa proses rekrutmen dan seleksi berjalan tanpa memungut biaya kepada calon Paskibraka, sehingga memastikan kesetaraan akses dan keadilan dalam seleksi anggota Paskibraka.

“Kami tegaskan bahwa Proses Rekrutmen Paskibraka 2024 pada tingkat kabupaten yang ada di Sulbar gratis, tidak dikenakan biaya apapun,” tegas Yusuf Tahir.

Hal ini sesuai petunjuk Wakil Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia Rima Agristina, pada saat Rakor Pembentukan Paskibraka 2024 beberapa waktu lalu, bahwa proses rekrutmen dan seleksi tahun ini harus berjalan secara bersih, transparan, akuntabel, dan humanis.

(*/adv)

error: Maaf... ! Web ini di Protek yaaa...