Bupati Matra : Hindari Oknum Peminta Sumbangan

23517452_368484006925398_4615024847385847283_nMapos, Pasangkayu – Bupati Mamuju Utara (Matra), Agus Ambo Djiwa, mengingatkan aparatnya untuk waspadai oknum peminta sumbangan. Mereka biasanya beroperasi di desa-desa. Ini diungkap usai

melantik tiga Kades terpilih untuk periode 2017-2023 di Aula Hotel Devonder Pasangkayu, Rabu (15/11/2017). Ketiga kepala desa tersebut adalah Resmi Naso Kades Doda Kecamatan Sarudu, Muh. Jufri Ghalib Kades Lilimori Kecamatan Bulutaba dan Agus Latjatja Kades Tampaure Kecamatan Bambaira.

“Saya berharap para Kades untuk mengantisipasi kelompok tertentu yang selalu meminta sumbangan atau pungutan untuk bantuan yang mengatasnamakan pemerintah atau LSM tertentu. Agar lebih melakukan deteksi dini terhadap oknum-oknum tersebut,” tekannya.

Dalam kesempatan tersebut, Agus pun berpesan kepada tiga Kades yang baru saja dilantik untuk mencermati dan segera melaksanakan tugas dan fungsi sebagai kepala desa.

“Agar kades yang baru saja dilantik untuk mencermati dan segera melaksanakan tiga tugas dan fungsi kepala desa di antaranya, yaitu tugas pemerintahan, tugas pembangunan dan tugas pembinaan,” tuturnya

Pemerintahan sekarang ini telah mengucurkan dana yang besar bagi setiap desa, maka olehnya itu para kepala desa seharusnya berhati-hati dalam menjalankan amanah negara ini.

Dikesempatan tersebut ia juga menyampaikan, bahwa saat ini pemerintah telah membangun kemitraan tentang pengelolaan dana desa dengan pihak kepolisian dan penegak hukum lainnya agar Pengawasan dan pemanfaatan lebih terarah dan dimanfaatkan sebesar-besarnya bagi pembangunan di desa.

Dalam hal pembinaan politik, kepala desa seyogyanya dapat memberikan pendidikan dan pemahaman politik kepada masyarakat, supaya tidak menimbulkan kegaduhan akibat perbedaan pilihan, selain itu Bupati Matra dua periode tersebut juga mengajak para kepala desa terpilih agar bersama membangun Mamuju Utara ke arah yg lebih baik, terutama dalam mensejahterakan rakyat.

Kegiatan yang juga dihadiri oleh, Kapolres Matra AKBP. Made Ary Pradana, Wakil Bupati Matra Muh. Saal, Ketua DPRD Matra Lukman Said, Ketua PKK Matra Herni Agus, Kapolsek se Matra, Pimpinan OPD Lingkup Pemkab Matra. Pelantikan juga dirangkai dengan pengukuhan ibu PKK dan pemberian penghargaan kepada tiga Pj. Kepala desa yang telah berakhir masa jabatannya.

(Joni)