Bupati Majene Terbitkan Surat Edaran Sistem Bekerja dan Belajar di Rumah

  • 31 Mar 2020
  • Majene
  • R Fajar Soenoe
  • 1030
Gambar Bupati Majene Terbitkan Surat Edaran Sistem Bekerja dan Belajar di Rumah

Mapos, Majene — Sebagai optimalisasi upaya pencegahan meluasnya penyebaran dan penularan Covid 19 bagi seluruh aparatur pemerintah, jajaran satuan pendidikan dan masyarakat di Kabupaten Majene, serta meminimalisir resiko terinfeksi Covid 19, maka Bupati Majene mengeluarkan surat edaran.

Menurut Bupati Majene Fahmi Massiara, Surat Edaran yang dia teken 30 April 2020 adalah tindak lanjut Surat Edaran sebelumnya dengan tambahan sejumlah nomenklatur yang disempurnakan.

Surat edaran itu memuat pedoman bagi pimpinan perangkat daerah, pemerintah kecamatan, kepala satuan pendidikan, PNS, dan tenaga kontrak daerah dalam upaya peningkatan pencegahan meluasnya penyebaran dan penularan Covid 19 di Kabupaten Majene.

Disebutkan, jabatan pimpinan tinggi pratama dan jabatan administrasi dilakukan pengaturan shift kerja harian secara bergantian.

Seluruh jabatan pengawas, jabatan pelaksana, jabatan fungsional, dan tenaga kontrak daerah bekerja dari rumah berlaku efektif mulai 1 April 2020 hingga batas waktu yang tidak ditentukan disesuaikan dengan kondisi penyebaran Covid 19.

Atas kondisi urgensi pekerjaan, maka pimpinan perangkat daerah sewaktu-waktu dapat meminta kepada yang bersangkutan untuk hadir di kantor.

Sistem kerja yang dikecualikan terhadap PNS pada unit kerja Dinas Kesehatan, unit pelayanan kesehatan dibawahnya, RSUD, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Petugas Lapangan Dinas Lingkungnn Hldup dan Kebersihan, dan atau perangkat daerah yang menjadi bagian dari Tim Gugus Tugas Percepatan Percepatan Penanganan Covid 19 Majene.

Bagi perangkat daerah lain yang terkait pelayanan, diarahkan untuk menghindari tatap muka langsung dengan pengguna layanan. Jika tidak dapat dihindari, maka wajib menerapkan standar protokol kesehatan.

Seluruh perangkat daerah wajlb menyiapkan sarana cuci tangan di depan kantor, hand sanitizer dalam ruangan dengan mengatur jarak interaksi minimal satu meter.

Agar PNS dan tenaga kontrak yang bekerja dari rumah untuk berada di rumah, dilarang berakeluyuran diluar rumah kecuali untuk keperluan penting dan mendesak, seperti belanja kebutuhan pangan dan berobat, terlebih dilarang bepergian keluar daerah. PNS yang berada diluar rumah tanpa alasan penting, dikategonkan pelanggaran disiplin sebagaimana diamanatkan dalam PP 53 Tahun 2010 tentang disiplin PNS.

Untuk menjamin optimalisasi penerimaan TPP PNS, maka setiap PNS dibebaskan Absen Elektronik, Pengisian Aktivitas Kinerja dan Reviu Perilaku selama periode bekerja di rumah. Setiap PNS mendapat bonus langsung 300 menit aktivasi selama periode bekerja di rumah.

Dalam rangka tetap menjamin optimalisasi penyelenggaraan pemerintahan daerah, maka dalam penyelenggaraan tugas pokok dan fungsi perangkat daerah, memperhatikan hal-hal sebagai berikut :

Agar setiap pimpinan perangkat daerah sesuai dengan kewenangannya masing-masing tetap memperhatikan kawajlban penyampaian dokumen, laporan ataupun tahapan wajlb penyelenggaraan pemerintahan daerah sesuai amanat peraturan perundang-undangan.

Proses pemenuhan kewajiban pemerintah daerah sebagaimana dimaksud di atas, dilakukan melalui distribusi surat dan pengiriman daya berbasis elektronik.

Penyelenggaraan rapat yang bersifat prioritas dan urgent dilakukan dengan jumlah peserta terbatas dan atau dllakukan melalui aplikasi video conference dan pelaksanaannya dapat dikonsultasikan melalaui Dinas Kominfo Kabupaten Majene.

Ditetapkan proses belajar mengajar di rumah bagi TK/ PAUD/ SD/ SMP sederajat di wilayah Kabupaten Majene mulai tanggal l April 2020 hingga batas waktu yang tidak ditentukan dan disesuaikan dengan kondisi penyebaran Covid-l9.

Terkhusus kepala sekolah dan guru dalam proses belajar-mengnjar di rumah diarahkan untuk melakukan hal-hal sebagai berikut :

Kepala sekolah membuat jadwal tugas masuk kerja secara bergantian maksimal 3 orang setiap hari.

Guru yang melaksanakan kegiatan pembelajaran di rumah melaporkan melalui daring pada Group WA/ Google Drive yang dibuat oleh Bidang Ketenagaan Disdikpora berupa foto kegiatan, dan daftar siswa yang dilayani. Laporan dikirim periode satu kali per minggu.

Aktivasi guru selama pembelajaran di rumah dilaporkan melalui upIoad aktivasi pada WA Group MKSS bagi Kepala Sekolah SMP. Group Kepala Sekolah bagi Kepala SD, Group Kepala TK bagi Kepala TK, Group MGMP bagi Kepala SMP dan Group KKG bagi Kepala TK/SD. Laporan dikirim periode dua kali seminggu.

Bupati Majene Fahmi Massiara berharap agar Surat Edaran yang dia buat dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

(*)