Bupati Majene Ajak Masyarakat Berkolaborasi Atasi Stunting

  • 12 Okt 2019
  • Majene
  • R Fajar Soenoe
  • 147
Gambar Bupati Majene Ajak Masyarakat Berkolaborasi Atasi Stunting

Mapos, Majene — Menjadi perhatian nasional saat ini adalah penekanan angka stunting yang merupakan sebuah kondisi dimana tinggi badan seseorang jauh lebih pendek dibandingkan tinggi badan orang seusianya.

Penyebab utama stunting adalah kekurangan gizi kronis sejak bayi dalam kandungan hingga masa awal anak lahir yang biasanya tampak setelah anak berusia 2 tahun.

“Yang lagi trend saat ini di daerah kita adalah terkait masalah stunting. Bagaimana kita semua berkolaborasi dalam menangani persoalan tersebut, karena daerah ini adalah pesisir pantai, saya berharap berikanlah asupan gizi yang cukup dan juga asupan omega 3 dari ikan,” sebut Bupati Majene, Fahmi Massiara ketika menghadiri acara syukuran nelayan, pesta rakyat dan do’a selamat, sekaligus peresmian PAUD Althafunnisa Desa Balombong, di Desa Balombong Kecamatan Pamboang, Sabtu, (12/10/2019).

Dihadapan para undangan yang hadir, Fahmi Massiara mengatakan, pesta nelayan di Majene sudah sangat berkembang.

“Ini sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas rezeki yang telah diberikan selama ini. Para nelayan kita banyak berkiprah dan mengais rezeki di daerah luar Majene, seperti di Bali, Lombok dan daerah lainnya di Indonesia, karena memang masyarakat kita dominan bekerja sebagai nelayan dan petani. Inilah yang melatar belakangi sehingga banyak di daerah kita yang menggelar pesta nelayan,” ungkap Fahmi Massiara.

Lebih jauh kata dia, PAUD maupun TK di Majene juga sudah tumbuh sumbur.

“Karena memang pemerintah telah memberikan kelonggaran dalam pendiriaannya. Yang penting ada yang siap mengurusi karena pemerintah kabupaten akan membantu dari APBD dan bantuan dari pusat,” kata Fahmi.

Kaitannya dengan ini lanjut Fahmi, para ibu-ibu yang ada di daerah ini supaya selalu memberikan makanan ikan kepada anak-anak sehingga pada saat memasuki masa PAUD akan muncul kecerdasan otak dengan sendirinya.

“Saya pesankan kepada semua warga yang akan mengikuti acara pesta rakyat sebentar malam, supaya tetap menjaga ketertiban dan keamanan di daerah ini, karena akan ada hiburan rakyat di beberapa tempat, semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT,” pungkas Fahmi Massiara.

Acara selanjutnya yaitu peresmian PAUD Althafunnisa yang ditandai dengan pengguntingan pita oleh Bunda PAUD Majene, Dra Hj Fatmawati Fahmi, MH.

(ipunk)