Bapperida Siapkan Perpres Penyangga Ibukota Negara

Mapos, Mamuju — Bapperida Sulbar mempersiapkan sebuah Perpres tentanv Kawasan Penyangga Ibukota Negara. Kaitan dengan ini, Kementrian Koordinator Perekonomian menggelar pertemuan internal di ruang rapat RPJMD Badan Perencanaan Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah, Rabu (06/03/2024).

Rapat dipimpin Kabid PPEPD Hasanuddin, didamping Kabid Riset dan Inovasi Daerah Muh. Saleh dan para Sekretaris Dinas teknis terkait dari beberapa Organisasi Pemerintah Daerah. Termasuk para pejabat Fungsional Bapperida.

Pertemuan itu sebagai lanjutan dari rapat persiapan sebelumnya. Rancangan Peraturan Presiden Kawasan Penyangga Ibukota Negara membutuhkan data dalam penyusunannya.

“Diharapkan OPD terkait dapat mengumpulkan data yang dibutuhkan, data eksisting, data jalur distribusi dan data potensi sumber daya alam. Semuanya data penting yang nantinya akan menjadi data lampiran dalam Peraturan Presiden,” kata Hasanuddin.

Beberapa OPD teknis terkait menyampaikan kendala dalam penyiapan data. Seperti  Dinas Pertanian dan Perkebunan menyampaikan bahwa hasil produksi tanaman pangan dan perkebunan banyak dikirim keluar Kawasan Sulawesi Barat yang notabene akan diolah, dipasarkan. Namun tercatat bukan sebagai Produk Sulawesi Barat.

Dalam arahannya Kepala Bapperida Junda Maulana, mengatakan, perlu solusi untuk setiap permasalahan sekecil apapun dalam menyusun Perpres.

“Sebaiknya setiap permasalahan atau kendala dalam penyiapan Peraturan Presiden Kawasan penyangga Ibukota segera temukan solusi. Sehingga usulan daerah kepada Kementrian Perekonomian dapat terumuskan,” katanya.

Selain Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tengah juga turut serta dalam penyusunan Peraturan Presiden Kawasan Penyangga Ibu Kota Negara.

(*/adv)

error: Maaf... ! Web ini di Protek yaaa...