Bapperida Hadiri Kegiatan BIG

Mapos, Mamuju — Badan Perencanaan Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah (Bapperida) Sulbar menghadiri Sosialisasi Pelaksanaan Penyediaan Peta Dasar Skala Besar Wilayah Sulawesi Tahun 2024 di The Rinra Hotel Makassar, Selasa (27/2/2024).

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Badan Informasi Geospasial (BIG) dalam rangka Percepatan Penyediaan Peta Dasar Skala Besar 1:5000 di seluruh wilayah Indonesia, termasuk Pulau Sulawesi pada tahun 2024.

Pada kegiatan tersebut, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah (Bapperida) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), Junda Maulana menugaskan Kepala Bidang Infrastruktur dan Kewilayahan (Ifwil) Bapperida Sulbar, Arjanto yang hadir didampingi Perencana Ahli Pertama, I Ketut Wibawa Bagianadi.

“Menurut BIG, Pertimbangan pemetaan dasar skala besar 1:5.000 di Sulawesi guna mendukung kebutuhan masterplan 40 kota sesuai arahan Presiden melalui Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional(PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). Peta dasar skala besar tersebut akan berguna untuk menyusun Rencana Detail Tata Ruang (RDTR).”, ungkap Arjanto usai mengikuti kegiatan tersebut, Selasa (27/2/2024).

Ditemui pada kesempatan yang berbeda, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah (Bapperida) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), Junda Maulana, menyebut peta sangat diperlukan dalam perencanaan.

“Adanya peta dasar dengan skala besar, yaitu satu banding lima ribu (1:5000) sangat kita butuhkan dalam perencanaan. Harapannya peta dasar tersebut nantinya dapat kita manfaatkan dalam menentukan kebijakan yang mencakup berbagai sektor di Sulawesi Barat.” ujar Junda, Jumat (1/3/2024).

(*/adv)

error: Maaf... ! Web ini di Protek yaaa...