Atasi Kehamilan Tidak Diinginkan, DP3AP2KB Beri Pembinaan Kesehatan

Mapos, Polewali — Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Sulawesi Barat (Sulbar) melalui Bidang Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana menggelar kegiatan Penurunan Kehamilan yang Tidak Diinginkan melalui Pembinaan Promosi Kesehatan dan Reproduksi di Puskesmas Campalagian, Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Selasa 20 Februari 2024.

Kegiatan itu dihadiri Kepala DP3AP2KB Sulbar Amir, didampingi Jf. Penata KKB Ahli Muda Muhammad Djafar beserta Staf Bidang Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana. Hadir juga Kepala Puskesmas Campalagian Asnani, dr. Willy Kaleb Tobing (Dokter Ahli Kandungan) dan peserta 25 PUS (Suami Istri) di bawah usia 19 tahun, serta tiga bidan desa setempat.

Hadirnya beberapa Pasutri dalam kegiatan tersebut diharapkan mereka juga memahami tentang penting mengenal program berencana dan paham akan tujuan alat kontrasepsi. Mereka pun menyatakan siap ikut program pemerintah dengan Cukup 2 Anak.

Dalam sambutannya, Kepala DP3AP2KB Sulbar Amir menekankan, kegiatan penurunan kehamilan yang tidak diinginkan sangat perlu, mengingat angka kehamilan remaja/PUS usia 15-19 tahun masih sangat tinggi.

“Olehnya itu, kegiatan ini perlu didorong dan sasarannya lebih banyak lagi,” kata Amir.

Jf. Penata KKB Ahli Muda, Muhammad Djafar menyampaikan, pencapaian mCPR bagi PUS 05-19 Tahun masih sangat rendah. Itu dikarenakan kurangnya edukasi bagi Pasutri.

“Namun Insya Allah, melalui program ini kita bisa meningkatkan capaian mCPR kita di tahun 2024 dengan melibatkan Pasutri agar mereka memahami apa itu Program KB,” ujarnya.

(*/adv)

error: Maaf... ! Web ini di Protek yaaa...