Majene  

Ancaman Inflasi Nyaris Membuat Pelaku Usaha Gulung Tikar, Ini Langkah yang Dilakukan Pemerintah

Mapos, Majene — Memasuki 2022, dunia tak terkecuali Indonesia mengalami fase yang tak diinginkan oleh seluruh masyarakat. Bagaimana tidak, harga kebutuhan pokok semuanya naik hingga 50% sebagai imbas dari naiknya harga minyak dunia.

Dengan begitu, Pemerintah Indonesia harus segera melakukan langkah konkret untuk segera menyesuaikan harga BBM yang beban subsidinya cukup banyak terhadap APBN.

Mempertahankan daya beli masyarakat sebagai buntut inflasi atas kenaikan BBM itu, oleh pemerintah mengeluarkan kebijakan berupa memberikan bantuan langsung kepada masyarakat dan pelaku usaha terdampak.

Kepada Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Majene, Busri Kamedi melalui Kepala Seksi Koperasi di Bidang Koperasi, Abdul Majid, Jum’at (2/12/2022) mengatakan, Pemkab Majene ingin memberikan semua bantuan langsung tunai kepada semua pelaku usaha, namun karena kondisi keuangan daerah terbatas sehingga hal itu tidak terlaksana.

“Sebenarnya kami menginginkan semua pelaku usaha yang ada DI Majene dapat BLT, namun anggaran cukup terbatas, sehingga kami hanya memberi 560 pelaku usaha saja,” ucap Abdul Majid.

Dikatakan, jumlah pelaku usaha yang mencapai lima rutusan itu tersebar di delapan kecamatan, antara lain di Kecamatan Banggae, Kecamatan Banggae Timur, Kecamatan Pamboang, Kecamatan Sendana, Kecamatan Tubo, Kecamatan Malunda dan Kecamatan Ulumanda.

“Bantuan tersebut akan kami salur beberapa tahap. Tahap pertama telah kami salur di Pendopo sebanyak 250 pelaku usaha yang ada di kecamatan Banggae dan Banggae Timur,” ucap Abdul Majid.

Lebih jauh kata dia, penyaluran tahap kedua yaitu untuk Kecamatan Sendana, Tubo, Malunda dan Ulumanda akan disatukan di Kecamatan Tammeroddo.

“Berdasarkan data kami, disana ada sebanyak 234 pelaku usaha sebagai penerima manfaat. Semoga dengan adanya bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat khususnya pelaku usaha,” tandas Abdul Majid.

(*)

error: Maaf... ! Web ini di Protek yaaa...