Air Kelapa Dapat Menetralkan Vaksin? Fakta atau Mitos

0
9640

Mapos, Majene — Program nasional vaksinasi massal telah dilakukan oleh pemerintah pusat dan daerah dalam melawan pandemi Covid-19. Sejumlah sanksi pun tak terelakkan kepada masyarakat yang menolak divaksin, sehingga masyarakat melakukan upaya untuk melawan efek vaksin yang disebut-sebut berdampak buruk pada kesehatan.

Akibatnya, kepercayaan tradisional mereka gunakan untuk melawan efek buruk yang mereka sangka atas vaksin dengan jalan mengonsumsi air kelapa. Konsumsi air kelapa katanya dapat menghambat dan mengurangi efektivitas obat, karena sebagian orang percaya air kelapa tidak boleh diminum saat sedang dalam pengobatan.

Seperti pengakuan sejumlah warga di Kabupaten Majene, Sabtu (3/7/2021). Sebelum dan sesudah divaksin, hampir semua konsumsi air kelapa. “Supaya vaksinnya tidak berfungsi. Dari pada tidak terima PKH, lebih baik divaksin,” ujar salah seorang warga yang minta namanya tidak disebut.

https://mamujupos.com/wp-content/uploads/2021/02/IMG-20210212-WA0059.jpg

Dilansir dari Klikdokter.com edisi 5 bulan lalu, faktanya, mengonsumsi air kelapa belum bisa dibuktikan dalam penelitian yang memadai dapat menetralkan obat. Lalu, bagaimana dengan minum air kelapa untuk menetralkan vaksin Covid-19? Benarkah efek minum air kelapa tersebut?

Menjawab isu yang tengah marak itu dr Arina Heidyana mengatakan tidak ada hubungan antara minum air kelapa dengan vaksin Covid-19.

“Menurut saya tidak benar air kelapa bisa menetralkan vaksin Covid-19. Lagian vaksin kan bukan racun. Jadi apa yang mau dinetralkan?” ucap dr Arina.

“Ingat juga, vaksin itu disuntiknya ke jaringan otot, sedangkan air kelapa diminum dan masuk ke lambung. Jadi tidak akan ketemu dan tidak akan memberikan interaksi satu sama lain juga,” dia menegaskan.

Klaim soal air kelapa bisa menetralkan vaksin Covid-19 juga dengan tegas dibantah di laman resmi Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo).

Dalam pernyataan pihak Kominfo disebutkan, belum ada penelitian yang membuktikan bahwa konsumsi air kelapa bisa mengganggu atau menetralkan fungsi vaksin yang sudah disuntikkan.

Sudah jelas tidak ada hubungan antara minum air kelapa dengan vaksin Covid-19. Artinya Mitos. Namun di luar itu, Anda tetap bisa menikmati air kelapa untuk mendapatkan khasiat sehatnya.

Berikut beberapa manfaat dan nutrisi yang dimiliki air kelapa:

1. Elektrolit Alami

Banyak orang menggunakan air kelapa sebagai minuman pengganti cairan tubuh yang alami.  Minum air kelapa setelah joging atau olahraga lainnya dapat membantu tubuh tetap terhidrasi. Cairan tubuh yang hilang pun dapat segera tergantikan.

Hindari minum air kelapa dengan tambahan gula, karena akan menghilangkan fungsi hidrasinya. Tambahan gula juga dapat menambah kalori dalam tubuh.

2. Rendah Kalori

Dalam satu cangkir air kelapa hanya berisi 45 kalori, terhitung rendah bila dibandingkan dengan jus buah lainnya.

Dikutip dari Healthline, Academy of Nutrition and Dietetics mengatakan air kelapa memiliki lebih sedikit gula dan karbohidrat dibanding jus buah lainnya.

Selain itu, air kelapa memiliki lebih banyak mineral dan elektrolit seperti natrium dan kalium.

3. Kandungan Kalium yang Tinggi

Air kelapa memiliki 10 kali lebih banyak jumlah kalium dari kebanyakan minuman elektrolit lainnya. Secangkir air kelapa memiliki 405 mg  kalium.

Kalium membantu menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh, terutama saat sedang berolahraga.

4. Memiliki Kandungan Kalsium dan Magnesium

Kalsium memiliki fungsi penting bagi kesehatan tulang dan gigi yang kuat. Selain itu, kalsium dapat membantu otot berkontraksi dan bekerja dengan baik, apalagi pada saat Anda sedang melakukan aktivitas berat.

Magnesium juga membantu untuk mengurangi resiko kram atau otot kaku pada saat melakukan aktivitas yang berat.

5. Memiliki Kandungan Antioksidan

Air kelapa mengandung antioksidan yang dapat membantu menangkal radikal bebas pada tubuh. Minumlah air kelapa langsung dari buahnya untuk mendapatkan antioksidan yang tinggi.

6. Mengandung Asam Amino

Asam amino penting untuk memperbaiki jaringan tubuh, serta membantu penyusunan protein tubuh. Asam amino pada air kelapa lebih banyak dibandingkan dengan susu sapi.

Asam amino non-esensial yang ada dalam kelapa seperti alanin, arginin, sistein, dan serin. Asam amino ini dapat membantu tubuh merespon stres. Selain itu, kandungan arginin juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

7. Mengandung Sitokinin

Senyawa ini dipercaya memiliki sifat antipenuaan dan melawan kanker. Namun, hingga saat ini belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa air kelapa dapat menangkal kanker.

Meskipun memiliki nutrisi yang baik untuk tubuh, konsumsi air kelapa tidak boleh berlebihan karena akan menimbulkan efek buruk untuk kesehatan. Dokter Arina menyarankan untuk mengonsumsi satu gelas saja sehari.

“Jika minum berlebihan, air kelapa bisa menyebabkan kadar elektrolit di dalam darah tidak seimbang. Akibatnya, bisa timbul kram, lemah, lesu, mati rasa. Lalu bisa juga menurunkan tekanan darah, mengganggu fungsi ginjal, dan menyebabkan diare,” kata dr Arina.

(fjr/)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.