Wow…Desa di Mamasa Akan Disulap Jadi Kampung Natal

Gambar Wow…Desa di Mamasa Akan Disulap Jadi Kampung Natal

Mapos, Maamasa – Desa sadar wisata Tondok Bakaru terus dibenahi dalam rangka persiapan destinasi digital Kampung Natal pada momentum perayaan Hari Natal pada bulan Desember 2019.

Kegiatan ini baru pertama kali digelar di Mamasa. Menyulap satu desa menjadi Kampung Natal, mulai dari area perkampungan warga sampai hutan pinus yang membentang hingga ujung desa.

Kegiatan ini dilaksanakan kerjasama pemerintah Desa Tondok Bakaru dengan BUMDes dengan melibatkan berbagai komunitas. Seperti para pemilik stand wisata alam yang ada di Desa tersebut, Pemuda Desa, JKS dan komunitas lainnya.

Sejak awal Nopember lalu, persiapan mulai dilakukan penataan area perkampungan dengan beragam hiasan pernak-pernik Natal. Mulai dari gerbang masuk Desa Tondok Bakaru sampai ke area hutan pinus yang luasnya kisaran 5 hektar. Lahan itu pun disulap oleh warga menjadi tempat wisata.

Kampung Natal ini rencananya akan dipusatkan di Puncak Bukit Lenong. Sebuah kawasan hutan pinus bersusun tiga tingkat seluas sekitar 3 hektar. Areal itu akan dilengkapi dengan hiasan pernak-pernik Natal, lukisan juga spot-spot foto dan tempat bersantai. Demikian juga spot-spot lain di sepanjang bukit tesebut,

selain itu, di tempat ini juga akan dilengkapi dengan stand-stand penjual oleh pelaku ekonomi kreatif. Seperti souvenir, makanan ringan, minuman, dan beragama kuliner daerah.

Andarias Sambokaraeng, Ketua Panitia Penyelenggaraan Destinasi Digital Kampung Natal Tondok Bakaru menyebutkan, Kampung Natal ini rencananya akan dibuka selama satu bulan, pada sepanjang bulan Desember.

“Tujuannya selain sebagai wujud sukacita dalam menyambut Natal, juga untuk lebih menggaungkan Desa Tondok Bakaru sebagai Desa Sadar wisata dengan potensi alam yang dimiliki,” kata pria yang akrab disapa Andre saat ditemui di lokasi, Selaaa (26/11/2019).

Selain itu, juga akan disediakan lokasi khusus bagi kelompok-kelompok keagamaan yang ingin menggelar Ibadah Padang di tempat terbuka, dalam rangka menyambut hari Natal.

Warga Desa sendiri khususnya yang tinggal di sepanjang jalan menuju Tondok Bakaru terlihat antusias, berinisiatif menghiasi halama rumah mereka dengan pohon natal dan warna warni lampu disko, bahkan mereka disarankan untuk memasang pohon natal masing di halaman rumah.

Suguhan pemandangan alam dan udara yang sejuk, selalu menjadi daya tarik tersendiri untuk berkunjung ke tempat ini. belum lagi spot-spot foto wisata yang tersedia tentunya mengundang rasa penasaran pengunjungnya untuk mengabadikan momen mereka lewat swa foto.

(anis)

Baca Juga