Turunkan Angka Kecelakaan, BPJS Ketenagakerjaan Sulbar Bagikan Helm Safety Riding

Gambar Turunkan Angka Kecelakaan, BPJS Ketenagakerjaan Sulbar Bagikan Helm Safety Riding

Mapos, Mamuju – Melalui kegiatan manfaat tambahan promotif dan preventif tahun 2019, BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sulawesi Barat (Sulbar), membagikan helm safety riding kepada beberapa pekerja yang ada di Sulbar.

Pekerja yang mendapatkan helm safety riding tersebut, diantaranya dari perusahan PT Wahana Karya Sejahtera Mandiri (WKSM) dan PT Manakarra Unggul Lestari (Mul).

Kedua perusahan tersebut terpilih oleh BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sulbar karena dianggap memenuhi kriteria kepatuhan.

Kegiatan tersebut masing-masing diselenggarakan di dua Perusahaan terpilih pada 24-25 September 2019, dan dihadiri oleh Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sulawesi Barat Iman M. Amin yang diwakili oleh Kepala Bidang Kepesertaan, Soni.

Pimpinan PT Manakarra Unggul Lestari Ir. H. Arifin, sangat mengapresiasi program BPJS Ketenagakarjaan dalam kegiatan Sosialisasi alur pelayanan PLKK serta Promotif dan Preventif.

“Saya mengapresiasi program BPJS Ketenagakarjaan karena kami di perkebunan sangat rentan kecelakaan kerja, apalagi yang dibagian lapangan,” ungkap Arifin.

Sementara Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sulawesi Barat yang diwakili oleh Kepala Bidang Kepesertaan Soni Cahya Wirawan menjelaskan, kegiatan Promotif dan Preventif ini merupakan bagian dari sosialisasi terkait manfaat tambahan yang diberikan BPJS Ketenagakerjaan kepada peserta BPJS Ketenagakerjaan, khususnya di wilayah kerja cabang Sulawesi Barat.

“Kegiatan ini kita lakukan sebagai bentuk nyata untuk menekan angka kecelakaan kerja yang terjadi bagi pekerja, khusunya kecelakaan kerja lalulintas. Karena menurut data kami, kecelakaan kerja diluar tempat kerja atau jalan raya menduduki tempat tertinggi kedua setelah didalam lokasi kerja,” jelas Soni.

Soni menambahkan, kegiatan tersebut sangat berdampak besar bagi para pekerja, keluarga dan perusahaan itu sendiri.

Sebagai bentuk tanggung jawab dan komitmen BPJS Ketenagakerjaan yang diamanahkan dalam PP 44/2015 dan Permenaker 10.2016, pihaknya ingin berperan dalam menurunkan angka kecelakaan kerja melalui kegiatan promotif preventif ini.

“Tujuan kami ingin berperan dalam menurunkan angka kecelakaan kerja melalui kegiatan promotif preventif ini,” tutup Soni.

(usman)

Baca Juga