TPS, Tertib Protokol Kesehatan

0
150

Mamuju, CUACA hari itu cukup cerah. Tidak panas, tidak juga dingin. Angin pun berhembus sangat lembut. Sepoinya mengisyaratkan tahap pungut hitung Pilkada serentak akan berjalan aman dan lancar.

Dan memang isyarat itu benar-benar terbukti. 100 persen proses pungut hitung di Provinsi Sulawesi Barat aman. Lancar tanpa hambatan berarti.

Di kota Mamuju, proses ini pun berjalan amat lancar. Kalau pun ada persoalan, itu hanya bagian kecil dari riak prosesi pesta demokrasi rakyat. Mengarah pada tujuan yang lebih besar, yakni menempatkan demokrasi pada posisi yang tepat.

Disisi lain, ada pemandangan sangat menarik dari proses pungut hitung. Yang berkaitan dengan kondisi saat ini. Pandemi Corona Virus Disease 2019 atau yang lazim disebut Covid-19.

Tanpa komando, tanpa dihimbau dan tanpa diminta mayoritas warga yang hendak menyalurkan hak pilihnya menghampiri galon dan sabun yang disediakan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) sebelum mendaftarkan diri. Dengan kesadaran tinggi, mereka pun mencuci tangan sebersih mungkin.

Tidak hanya itu, tanpa semua ajakan yang sama, warga pun mengenakan masker maupun face shield. Bahkan ada yang memakai keduanya.

Hingga lahir akronim, TPS bukan Tempat Pemungutan Suara. Tapi kepanjangan dari Tertib Protokol Kesehatan. Apapun pilihannya, kesehatan menjadi prioritas. Potret ini tepat sebab tergambar jelas dihampir seluruh TPS di Mamuju.

KPPS yang bertugaspun demikian. TPS dijaga sebersih mungkin, mengenakan masker dan sarung tangan, warga diminta antri setertib mungkin dengan ajakan yang humanis dan mengoleskan tinta pada warga yang sudah menyalurkan hak pilihnya.

Disemua TPS, para KPPS pun menyediakan sarung tangan plastik yang dipakai saat mencoblos. Meski hanya sebelah saja yang diberikan, namun cara itu diyakini cukup efektif untuk menghindari penularan virus. Ada yang mengenakan dibagian kanan, ada juga di kiri. Bergantung dari karakter warga masing-masing.

Menariknya lagi pemerintah yang memantau langsung ke setiap TPS tidak lagi sibuk dengan himbauan soal protokol kesehatan. Mereka hanya menyapa warganya dengan bersahaja dan melihat aktivitas di TPS.

Saat pungut hitung, aparat keamanan juga tidak terlalu ketat berjaga. Mereka terlihat cukup santai memantau keamanan TPS. Tempat Pemungutan Suara di kondisi Tertib Protokol Kesehatan.

(*)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.