Terparah, Ratusan Rumah Tenggelam Akibat Banjir di Mamuju

0
59

Mapos, Mamuju – Banjir di Mamuju mengakibatan ratusan rumah warga yang berada di Simbuang sepanjang jalan jenderal Sudirman dan Seokarno Hatta tenggelam. Banjir di Kabupaten Mamuju ini terjadi akibat curah hujan yang tinggi. Kamis (22/3/2018).

Dok. Mapos.com

Setidaknya ada beberapa tempat di sepanjang daerah Mamuju yang terdampak paling parah. Salah satunya di Kecamatan Simboro.

Banjir di Mamuju ini disebabkan oleh intensitas hujan yang tinggi sejak subuh dini hari, mulai hulu di Kabupaten Mamuju, hingga hilir. Akibatnya tanggul sungai tidak mampu menampung tingginya muka air hingga meluap di Simbuang samping SPBU.

Dok. Mapos.com
https://mamujupos.com/wp-content/uploads/2021/02/IMG-20210212-WA0059.jpg

Banjir di Mamuju ini disebut-sebut paling parah selama hampir 10 tahun. Di beberapa titik, ketinggian air mencapai 3 meter. Sehingga menenggelamkan rumah warga.

Selain menenggelamkan rumah warga, banjir juga menenggelamkan jalur jalan akses utama di beberapa titik.

Dok. Mapos.com

Akibatnya, jalan di jenderal Sudirman lumpuh total. Puluhan kendaraan, tidak bisa melewatinya.

Dengan cepat air semakin naik, Sehingga warga yang terkepung banjir langsung ke luar rumah menyelamatkan diri bersama warga lainnya.

Warga tidak sempat menyelamatkan harta bendanya karena banjir datang tiba-tiba pada dini hari sekitar pukul 05.30.

Banjir merendam seluruh wilayah di Kota Mamuju pasca hujan selama 5 jam.

“Untung kami selamat karena dibangunkan warga. Rumah kami dan warga lain, seisinya katanya sudah tidak kelihatan. Tinggal kelihatan gentingnya saja,” kata Yanti warga yang mengungsi.

Selain di Simbuang, Kelurahan Rangas pun bernasib sama. Kantor Kanwil Agama Sulbar dan masjid ketinggian air mencapai 1 meter, sejumlah warga juga ada yang terpaksa mengungsi.

Dok. Mapos.com

Dari pantauan media ini, titik yang juga terendam banjir berada di jalan Pababari, Jalan Musa Karim, jalan Ponegoro, jalan Tuna, BTN Passokorang, jalan Atiek Sutedja, jalan Monginsidi, jalan Abd. Malik Pattana Endeng.

(usman)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.