Ternyata Biji Avokad Banyak Manfaatnya

Mapos

Foto : Biji Avokad

Foto : Biji Avokad

Avokad baik untuk kesehatan, tentu sudah banyak yang mengetahui. Biasanya, kebanyakan orang akan membelah avokad menjadi dua bagian, kemudian mengeruk daging buah lalu membuang biji.

Padahal, menurut peneliti, bagian yang paling kaya nutrisi justru di biji avokad. Karena itu tidak hanya daging buah yang dimakan, tetapi juga bijinya.

Mungkin ini terdengar aneh, memakan biji avokad. Tapi ini bukan mitos, sebab, sebuah studi baru-baru ini dari American Chemical Society, mengatakan bahwa bagian paling sehat yang kaya nutrisi pada avokad ternyata bijinya

Dilansir Fox34, Para peneliti menemukan membran halus yang ada di luar biji avokad mengandung senyawa kimia yang dapat digunakan untuk mengobati sejumlah penyakit yang melemahkan tubuh.

Untuk menghasilkan kesimpulan ini, periset mengumpulkan sekitar 300 biji avokad kering menjadi 595 gram bubuk. Bubuk itu kemudian diolah menjadi minyak dan lilin. Dari hasil analisis, tim peneliti menemukan 116 senyawa kimia dalam minyak dan 16 di lilin.

Diungkap oleh Debasish Bandyopadhyay, Ph.D., biji avokad yang bisanya dianggap sebagai pemborosan limbah sebenarnya adalah permata. Ia mengandung senyawa obat yang bisa digunakan untuk mengobati kanker, penyakit jantung dan kondisi kesehatan lainnya.

“Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa biji avokad merupakan sumber potensial bahan kimia yang digunakan dalam plastik dan produk industri lainnya,” jelas Bandyopadhyay.

Menurut One Green Planet, biji avokad memiliki manfaat yang lebih besar jika dimakan. Bijinya mengandung 70 persen kandungan antioksidan dalam sebuah avokad secara keseluruhan. Termasuk kandungan polifenol yang sama seperti pada teh hijau.

Selain itu, ada pula avocatin B, senyawa yang banyak ditemukan di biji avokad dapat membunuh sel induk leukemia. Para peneliti tersebut menguji 800 senyawa yang diterapkan pada sel-sel leukemia manusia.

Ternyata senyawa avocatin B lah yang sangat efektif mematikan sel leukemia dan tidak berdampak pada sel darah normal, dikutip dari Nhs.uk.

Biji avokad juga dianjurkan sebagai salah satu makanan yang dapat membantu melawan sel kanker, dilansir Dailysuperfoodlove.

Berikut ini beberapa manfaat konsumsi biji avokad bagi tubuh:

Meningkatkan kesehatan pencernaan

Mengonsumsi biji avokad juga dapat meningkatkan sistem pencernaan. Hal ini dikarenakan antioksidan dan serat yang terkandung pada biji avokad sangat bermanfaat untuk pencernaan.

Biji avokad juga dapat membantu mengatasi masalah pencernaan. Caranya dengan memotong biji avokad berukuran sedang lalu tambahkan secangkir air mendidih. Diamkan selama 15 menit hingga biji avokad lunak dan makan selagi hangat

Menjaga kadar kolesterol

Avokad dapat membantu mengatur kadar kolesterol jahat dalam darah sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik. Tapi apa yang kebanyakan orang tidak tahu adalah bahwa 70 persen asam amino dalam buah ini terkandung dalam biji.

Makan biji avokad dapat membantu mengendalikan kolesterol jahat dan pada gilirannya mengurangi risiko penyakit kardiovaskular di kemudian hari.

Penelitian lain menunjukkan bahwa biji avokad dapat membantu penderita kolesterol tinggi dan hipertensi.

Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Biji avokad juga memberi sistem kekebalan tubuh, membantu menjaga agar tetap kuat melawan infeksi dan gangguan pernapasan.

Manfaat lain biji avokad dapat membantu meredakan gejala pada mereka yang menderita radang sendi dan masalah sendi lainnya

Menjaga kesehatan kulit dan penuaan dini

Biji avokad dapat menjadi makanan yang ideal untuk kesehatan kulit. Antioksidan kuat yang terkandung di dalam biji avokad dapat memperbaiki kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas, dan membuat kulit menjadi lebih sehat.

Biji avokad juga dapat menunda proses penuaan. Antioksidan kuatnya dapat membantu menangkal radikal bebas, yang dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel kulit yang sehat.

Menjaga berat badan

Biji avokad mengandung serat yang dapat memberikan perasaan kenyang yang lebih lama sehingga dapat menurunkan perasaan ingin makan dan kebiasaan mengunyah camilan.

Mulai sekarang nikmati kebaikan avokad dengan makan daging buah dan bijinya. Salah satu cara menikmati biji avokad adalah dengan mencampurkan ke dalam jus atau smoothies.

(*)