Stok dan Harga Pangan di Mamuju Aman

Mapos, Mamuju — Bupati Mamuju, Sutinah Suhardi, melakukan pemantauan kondisi ketersediaan pangan dan fluktuasi harga di pasar sentral mamuju, guna memastikan kebutuhan stock barang dan kenaikan harga masih aman serta dapat terkendali jelang hari raya idul fitri, Sabtu 15 April 2022.

Sutinah didampingi kepala Bank Indonesia dan Sekretaris daerah serta unsur perwakilan forkopimda maupun para kepala OPD terkait.

Sutinah mendengarkan langsung keterangan dari para pedagang tentang kondisi harga dan ketersediaan barang.

Dari hasil pemantauan yang dilalukan diperoleh informasi bahwa sejumlah kebutuhan pokok seperti telur, cabe dan sayuran masih tetap stabil.

Namun khusus untuk harga ayam tercatat mengalami kenaikan, sebelum bulan ramadhan hanya rata-rata Rp70.000 per ekor, saat ini naik menjadi Rp75.000 hingga Rp80.000 per ekor.

“Karena memang, ayam merupakan kebutuhan pokok yang sering disajikan masyarakat saat lebaran, sehingga mengalami kenaikan,” tutur Sutinah.

Untuk harga bawang merah justru mengalami penurunan harga yang signifikan, dari yang semula Rp40.000 per kg menjadi Rp30.000 per kg.

Demikian halnya harga cabe yang juga cenderung menurun, dari Rp35.000 per kg menjadi Rp30.000 per kg.

Atas stabilitas harga tersebut, dinilai juga disebabkan adanya hasil pertanian dari para petani lokal yang terus dipasarkan di pasar sentral mamuju.

“Kita berharap stabilitas dan ketersediaan bahan pangan ini dapat terjaga hingga hari raya idulfitri, sehingga masyarakat dapat memenuhi kebutuhan pokok yang lebih terjangkau,” pungkas Bupati mamuju Sitti Sutinah Suhardi.

(*)

error: Maaf... ! Web ini di Protek yaaa...