STAIN Majene Siap Jadi IAIN

0
832

Mapos, Majene — Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) yang berdiri sejak beberapa tahun silam di Kabupaten Majene kini siap menjadi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Majene.

Sekjen Kemenag RI, Prof Dr H Nizar Ali, M.Ag dalam acara tatap muka di STAIN Majene di Kelurahan Totoli, Kecamatan Banggae, Sabtu (9/01/2021) kemarin mengatakan, STAIN Majene sudah layak menjadi IAIN.

Dalam acara tatap muka dan sekaligus silaturrahmi serta pembinaan ASN di lingkup STAIN, Nizar Ali menilai, STAIN Majene telah memiliki kualifikasi SDM yang cukup sehingga layak jadi IAIN.

Hal ini didukung oleh keterangan Ketua STAIN Majene, Napis Djuaeni yang memaparkan bahwa, saat ini SDM di STAIN Majene berjumlah 113 orang, diantaranya tenaga dosen sebanyak 70 orang dan 15 diantaranya sudah berkualifikasi doktor. “Tenaga kependidikan¬† berjumlah 43 orang,” ungkap Napis.

Acara yang dihadiri oleh segenap civitas akadmeika STAIN Majene ini juga dirangkaian dengan prosesi penyerahan SK kepada 13 orang CPNS tahun pengangkatan 2020.

Kepada para CPNS, Nizar Ali berpesan agar dalam melakukan tugas mengedepankan inovasi dan kreatifitas, bukan hanya untuk kepentingan percepatan kenaikan pangkat, tapi juga untuk menunjang pelayanan kepada mahasiswa dan masyarakat secara umum.

Turut hadir, Sekretaris Prov Sulbar Dr. Muhammad Idris DP, M.Si, Bupati Majene Lukman, S.Pd, M.Pd, Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah Kemenag RI Dr. Muhammad Zain, S.Ag, M.Ag, Kakanwil Kemenag Prov. Sulbar Dr. H. M. Muflih B. Fattah, MM, Anggota DRPD Kab. Majene Budi Mansur, S.Ag,

Mihammad Idris DP dalam sambutannya mengatakan, STAIN Majene sebagai sebuah lembaga tinggi mengalami perkembanan luar biasa dalam tiga tahun terakhir, sehingga tantangan bukan hanya sekedar beralih status menjadi IAIN namum seberapa besar kontribusi STAIN Majene dalam menyelesaikan persoalan kemasyarakat di wilayah Kabupaten Majene khususnya.

Untuk itu kata dia, pemerintah perovinsi Sulbar akan terus bersinergi guna mewujudkan cita-cita menjadikan Kabupaten Majene sebagai kota layanan kualitas pendidikan di provisi Sulawesi Barat.

Pada kesempatan sama, Plt Bupati Lukman, S.Pd., M. Pd mengatakan,  kehadiaran STAIN Majene akan berpengaruh pada pembanngunan manusia dan perumbuhan ekonomi Kabupaten Majene.

“Sejak ada STAIN Majene, anak-anak kita tidak berpikir-pikir kalau mau kuliah harus ke Makassar atau ke daerah lain, karena sudah ada STAIN Majene,” kata Lukman.

Lebih lanjut Lukman mengatakan bahwa geliat kegiatan ekonomi masyarakat juga mengalami pertumbuhan. “Banyak usaha kos-kosan, usaha fotocopy yang dikelola masyarakat karena Kehadiran STAIN Majene.

Ia berharap, kehadiran STAIN Majene akan meningkatkan kualitas masyarakat Majene karena banyaknya tersedia SDM yang kompeten.

(*)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.